Polsek Tanah Jawa Hadiri Rapat Penguatan Kapasitas PKD Panwaslu di Kecamatan Jawa Maraja Bahjambi


Polsek Tanah Jawa Hadiri Rapat Penguatan Kapasitas PKD Panwaslu di Kecamatan Jawa Maraja Bahjambi

Senin, 21 Oktober 2024, Oktober 21, 2024







Simalungun - Jejak Kriminal.net

Polsek Tanah Jawa turut berpartisipasi dalam rapat penguatan kapasitas Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) di Kecamatan Jawa Maraja Bahjambi, Kabupaten Simalungun. Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian Operasi Mantap Praja II yang bertujuan untuk memastikan pengamanan dan kelancaran proses Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Gubernur dan Bupati yang akan datang.


Rapat yang diselenggarakan di PAS Nagori Mariah Jambi, Kecamatan Jawa Maraja Bahjambi, dimulai pukul 09.00 WIB hingga selesai. Panit Opsnal Intelkam Polsek Tanah Jawa, IPDA Syafrizal, hadir mewakili Kapolsek Tanah Jawa, KOMPOL Asmon Bufitra, S.H, MH. Kehadiran perwakilan Polsek Tanah Jawa ini menunjukkan komitmen Polri dalam menjalin kedekatan dengan masyarakat dan mendukung penyelenggaraan Pemilu yang aman dan demokratis.


Dalam sambutannya, IPDA Syafrizal menekankan pentingnya profesionalisme dan netralitas bagi seluruh ketua PKD se-Kecamatan Jawa Maraja Bahjambi. "Kami menghimbau agar seluruh petugas benar-benar menguasai pekerjaannya dan tidak berpihak pada salah satu pasangan calon," ujar IPDA Syafrizal. Ia juga mengingatkan bahwa tahapan Pemilu saat ini telah memasuki masa kampanye, sehingga pengawasan terhadap potensi pelanggaran harus diperketat.


Lebih lanjut, IPDA Syafrizal mengajak seluruh peserta bimbingan teknis untuk berperan aktif dalam menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang kondusif menjelang Pemilukada. "Kita semua bertanggung jawab untuk menciptakan lingkungan yang aman dan damai selama proses pemilihan berlangsung," tambahnya.


Rapat ini dihadiri oleh berbagai pihak terkait, termasuk Camat Jawa Maraja Bahjambi, Sudiono, perwakilan TNI dari Babinsa, Serka FL Tampubolon, Ketua Panwascam Kec. Jawa Maraja Bahjambi, Rahmad Afandi Damanik, Ketua PPK Kec. Jawa Maraja Bahjambi, Raden Dwi, serta para PKD Nagori se-Kecamatan Jawa Maraja Bahjambi. Bawaslu Kabupaten juga mengirimkan narasumber, Surya Indra Iriawan, untuk memberikan pembekalan teknis kepada peserta.


Kegiatan ini merupakan wujud nyata dari upaya Polri dalam menjalankan tugas pengamanan Pemilu secara humanis dan profesional. Dengan berpartisipasi aktif dalam kegiatan seperti ini, Polri menunjukkan komitmennya untuk dekat dengan masyarakat dan berperan sebagai mitra dalam menyukseskan pesta demokrasi.


Saat dikonfirmasi pada hari yang sama sekitar pukul 13.00 WIB, Kasi Humas Polres Simalungun, AKP Verry Purba, menegaskan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari strategi cooling system yang diterapkan Polri. "Kami terus berupaya menjalin komunikasi dan kerjasama yang baik dengan semua pihak terkait Pemilu. Ini adalah bentuk kepedulian dan profesionalisme Polri dalam mengawal proses demokrasi di tingkat akar rumput," jelasnya.


Dengan adanya kegiatan semacam ini, diharapkan dapat tercipta sinergi yang kuat antara aparat keamanan, penyelenggara Pemilu, dan masyarakat. Hal ini akan menjadi modal penting dalam mewujudkan Pemilukada yang aman, damai, dan demokratis di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.(Ar)*

TerPopuler