Peletakan Batu Pertama Pembangunan Bumdes Desa Mundumsigit


Peletakan Batu Pertama Pembangunan Bumdes Desa Mundumsigit

Sabtu, 12 Oktober 2024, Oktober 12, 2024

Cirebon, jejakkriminal.net-

Pemerintah Desa Mundumesigit Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon membangun Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) yang akan di beri nama ‘KILAU BERSAMA’ di hadiri oleh Bapak Kuwu Syarifuddin beserta jajarannya dan masyarakat yang ikut menyaksikan peletakan batu pertama yang berlokasi di Situs Makam Syekh Ki Lobama.


Ki Lobama dalam papan informasi yang terletak di bagian depan situs tertulis merupakan sosok ulama yang bernama asli Syekh Abdurrahman Al Baghdadi. Utusan dari seorang wali Sulthanul Auliya Syekh Abdul Al Jailani untuk menyebarkan agama Islam di Tanah Jawa sekitar abad ke 11.


Sosok Ki Lobama sendiri merupakan tokoh penyebar agama Islam jauh sebelum Sunan Gunung Jati. Beliau sudah berdakwah di Nusantara sejak abad ke 11.


Dengan maksud dan tujuan pembangunan BUMDES Kilau bersama itu antara lain untuk menjadikan wisata religi yang berada di Desa Mundumesigit agar lebih di kenal warga lokal dan Interlokal.


Bapak Kuwu Syarifuddin mengatakan “Dengan dibangunnya Bumdes ini selain untuk meningkatkan Pades juga memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar karena masyarakat sekitar pun bisa mendapatkan penghasilan dengan berjualan di lokasi Bumdes Kilau bersama”.


Selain itu juga memberikan pelayanan dan kienyamanan untuk warga yang ingin berziarah ke situs makam Syekh Ki Lobama.


Akses masuk yang mudah tidak jauh dari jalur Pantura Cirebon-Jateng menjadi nilai plus wisata religi ini dikenal oleh kalangan masyarakat.


(Angga Haripin S.E)

TerPopuler