Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Gelar Vaksinasi Cegah Rabies Pada Hewan


Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Gelar Vaksinasi Cegah Rabies Pada Hewan

Selasa, 22 Oktober 2024, Oktober 22, 2024

Buol, jejakkkriminal.net-

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Buol  Sulawesi Tengah, gelar vaksin Rabies secara gratis pada hewan, bekerja sama dengan pemerintah Desa se-kabupaten buol. Kegiatan tersebut dilaksanakan hari pertama di Desa Duamayo Kecamatan Bokat Kabupaten Buol Sulawesi Tengah. 21/10/2024.


Vaksinasi ini sebagai langkah awal mencegah rabies dan bentuk kewaspadaan, sedangkan yang diperhatikan membatasi interaksi hewan pemeliharaan terhadap hewan liar. Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Buol tahun ini sudah menyiapkan ribuan dosis vaksin untuk pencegahan penyebaran penyakit rabies pada hewan peliharaan maupun pada hewan liar. 


Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Buol Sulawesi Tengah, melalui Kepala Bidang Peternakan, Sumiati Djaafar, SP.  mengatakan "vaksinasi sebagai langkah awal mencegah rabies dan bentuk kewaspadaan terhadap gigitan hewan, sedangkan juga harus diperhatikan membatasi interaksi hewan peliharaan terhadap hewan liar, oleh karena itu kami menyiapkan ribuan dosis vaksin pencegahan penyebaran penyakit rabies. ". Tendasnya 


Selain memberikan vaksinasi, pada kegiatan vaksin Rabies pada anjing d Desa Duamayo Kecamatan Bokat Kabupaten Buol, juga memberikan edukasi kepada pemilik anjing tentang pentingnya menjaga kesehatan hewan peliharaan. Pemilik anjing juga di berikan pemahaman tentang cara merawat dan menjaga kesehatan anjing seperti memberikan tempat tinggal yang sehat dan membersihkan lingkungan tempatnya. 


Lanjut Sumiati, melalui kegiatan vaksin rabies pada anjing peliharaannya, diharapkan masyarakat Desa di kabupaten Buol semakin sadar akan pentingnya menjaga kesehatan anjing dan mencegah penyebaran penyakit rabies. Bekerja sama dalam menjaga kesehatan hewan peliharaan dan lingkungan sekitar, Masing-masing Desa sudah ada petugas sehingga masyarakat mudah menghubungi petugas yang ada di lapangan. Tendasnya 


Kegiatan ini di hadiri Oleh pemerintah Desa Duamayo, Stap Bidang Peternakan/Kesehatan Hewan, Kordinator Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Bokat, Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) se Kecamatan Bokat dan tokoh masyarakat setempat. 



(Ruli)

TerPopuler