Rastra Sewakotama, Kapolres Bima Pimpin Tradisi dan Penyematan Baret Bintara Remaja Polres Bima


Rastra Sewakotama, Kapolres Bima Pimpin Tradisi dan Penyematan Baret Bintara Remaja Polres Bima

Minggu, 01 September 2024, September 01, 2024


Bima, jejakkriminal.net -

Kepala Kepolisian Resor Bima Polda NTB AKBP Eko Sutomo SIK, MIK memimpin upacara Pembaretan Brigadir remaja Polres Bima TA 2024 Sabtu, (31/08/24) sekira pukul 16.00 area pegunungan Tambora.


Pembaretan sekaligus menandai secara resmi bergabung dan bertugas di Polres Bima. Pembaretan para bintara baru itu diawali dengan long march 10 km dan lintas medan di pegunungan Tambora.


Lintas Medan ini menyusuri terjal dan anker rimba Tambora dan berakhir di Bendungan Desa Labuhan Kananga Kecamatan Tambora Kabupaten Bima.

Kapolres Bima AKBP Eko Sutomo S.I.K.,M.I.K., dalam amanatnya yang disampaikan Kasi Humas Iptu Adib Widayaka mengatakan, esensi dari pelatihan ini yaitu mengenalkan wilayah sebagai wujud kesiapsiagaan dalam pelaksanaan tugas ke depan personel baru di Polres Bima serta menanamkan jiwa Korsa.


“Brigadir remaja harus mengenal medan, mengenal daerah kerja dan memahami tradisi serta budaya masyarakat Kabupaten Bima menyusuri  medan menjadi salah satu cara untuk mengenal itu," kata AKBP Eko Sutomo S.I.K.,M.I.K., Sebagaimana diulas Adib.


AKBP Eko Sutomo SIK, MIK, menambahkan, pelaksanaan tradisi pembaretan bagi brigadir remaja sangat perlu dilaksanakan, sebab sebagai bekal pengetahuan perorangan akan peraturan perundang-undangan dan peraturan kepolisian. 


Selain itu, yang lebih utama yaitu meningkatkan stamina para brigadir remaja agar selalu dalam kondisi siap.


"Latihan yang terjadwal dan terukur, melatih mental serta kemahiran dalam menggunakan peralatan yang mendukung dalam pelaksanaan tugas," tukasnya.


Ia berharap, brigadir remaja ke depan dapat menjawab serta menghadapi tantangan tugas-tugas kepolisian secara lebih profesional dan proposional. 


Kapan dan dimana para personel dibutuhkan harus siap. Kehadiran para personel di tengah masyarakat harus dalam kondisi siap untuk melayani yang menjadi kesulitan atau permasalahan yang terjadi di lingkungan masyarakat.


“Selalu jaga kekompakan, tanggap dan kenali lingkungan di mana kita tinggal dan bertugas. Tugas dan citra baik kepolisian di masa mendatang ada di pundak para bintara muda,” Pesan Pria bermelati dua itu.


Jadilah Insan Bhayangkara yang Rastra Sewakotama,  berakhlak mulia, Humanis dan selalu siap siaga dalam menjalankan tugas sebagai pelindung, pelayan dan pengayom masyarakat.


"Selamat datang dan selamat bergabung di Mapolres Bima." Ucap Kapolres.


Diakhir kegiatan pembinaan tradisi dan upacara penutupan penyematan pembaretan seluruh personel Polres Bima dipimpin AKBP Eko Sutomo SIK,MIK, secara bergilir memberikan ucapan selamat kepada delapan belas personel Bintara Remaja Polres Bima.


(Hasbi)

TerPopuler