PWI Labuhanbatu Laksanakan Safari Jurnalistik Menangkal Hoaks.


PWI Labuhanbatu Laksanakan Safari Jurnalistik Menangkal Hoaks.

Selasa, 10 September 2024, September 10, 2024
Jejak Kriminal. Rantauprapat. 
Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Labuhanbatu melaksanakan Safari Jurnalistik dengan tema “ menangkal berita hoaks pilkada Labuhanbatu 2024” yang dilaksanakan di Aula Makodim 0209/LB Rantauprapat Kecamatan Rantau Utara Kabupaten Labuhanbatu Sumatera Utara pada Selasa (10/9/2024) dimulai sekira pukul 09.00 WIB sampai selesai.

Pada kegiatan safari jurnalistik ini menghadirkan narasumber ketua KPU Jaffar Sidik Pohan dan Ketua PWI Labuhanbatu Ronny Afrizal,SE.
Ketua Panitia Erni Manja Hasibuan SE.MM pada sambutannya menyampaikan bahwa sebentar lagi kita akan melaksanakan pemilihan kepala daerah (Pilkada) dalam hal ini akan memicu munculnya berita Hoaks dan untuk itu Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) melaksanakan safari jurnalistik dengan tema “ menangkal berita hoaks pilkada Labuhanbatu 2024” dengan menghadirkan peserta dari Mahasiswa UNIVA Labuhanbatu, Mahasiswa Universitas Labuhanbatu (ULB), Mahasiswa STIKES dan  Mahasiswa STITA Al Bukhori.
Bupati Labuhanbatu Hj.Ellya Rosa Siregar MPd.MM yang diwakili oleh Indra Sutan Harahap,ST menyampaikan bahwa penyampaian informasi harus benar - benar diteliti dan diuji kebenaranya, jangan terburu - buru membagikan berita di media sosial sebelum mengetahui kebenarannya.

Untuk itu bijaklah bermedia sosial dalam memberikan informasi atau berita agar tidak merugikan orang lain ataupun merugikan diri sendiri, tutupnya.

Dandim 0209 Labuhanbatu yang diwakili oleh Kasdim Mayor Inf. S.Hamonangan Tanjung menyampaikan sangat mengapresiasi kegiatan yang digagas oleh PWI Labuhanbatu dengan  tema “ menangkal berita hoaks pilkada Labuhanbatu 2024”, tema ini sangat baik apalagi sebentar lagi kita melaksanakan pilkada dan sudah pasti ada saja bermunculan di media baik media sosial, media elektronik dan media cetak.

Saya melihat adik - adik mahasiswa banyak bermain di media sosial, untuk itu mari kita hindari dan tangkal  informasi dan berita hoaks demi terciptanya Kabupaten Labuhanbatu yang aman dan Kondusif, jelas Kasdim 0209 Labuhanbatu.

Ketua Komisi Pemilihan Umum  (KPU) sebagai narasumber Jaffar Sidik Pohan memaparkan bahwa menjelang pemilu, Pilkada sering bermunculan berita - berita hoaks, sama seperti halnya pemilu yang lalu beredar berita hoaks seperti orang gila boleh mencoblos dan kertas suara telah banyak kena coblos, itu semua berita hoaks dan pelakunya terjerat hukum pidana.

Untuk itu diera digitalisasi ini mari kita bijak bermedia sosial dalam membagikan informasi atau berita karena apabila kita membagikan berita hoaks fan pihak lain keberatan dan kita dapat terjerat pidana, tegasnya.

Di Kesempatan yang sama Ketua PWI Labuhanbatu Ronny Afrizal,SE menyampaikan bahwa safari jurnalistik ini memilih peserta dikalangan Mahasiswa karena Mahasiswa merupakan ujung tombak dalam penyebaran informasi apalagi sebentar lagi kita melaksanakan pilkada serentak.

Ketua PWI Labuhanbatu ini juga menjelaskan bahwa wartawan dibawah naungan PWI semuanya telah lulus seleksi melalui Uji Kompetensi Wartawan (UKW) dan lulus ujian seleksi anggota PWI.

Ronny Afrizal, SE juga menjelaskan seperti apa bentuk informasi dan berita hoaks dan bagaimana kita menguji kebenaran informasi atau berita tersebut benar apa hoaks dan sebelum kita mengetahui kebenarannya jangan terus kita sebar ke publik, ucapnya.

Ketua Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) yang diwakili oleh DR.Bernat Panjaitan menyampaikan paparannya bahwa dimasa - masa pilkada sering muncul berita hoaks seperti black campaign dengan memunculka  informasi dan gambar - gambar yang kebenarannya belum teruji dan untuk menguji ini kPU dan  Bawaslu tidak memiliki alat tetapi yang memiliki alat tersebut adalah pihak Kepolisian.

" Terhadap berita hoaks ini cerdas lah kita untuk menghadapinya, dan diharapkan kelompok masyarakat turut membantu untuk menagkal berita - berita hoaks da juga money politik" ucapnya.

Acara ini dihadiri oleh Bupati Labuhanbatu Hj.Ellya Rosa Siregar SPd. MM yang di wakili oleh Kabid Kominfo Indra Sutan Harahap,ST, Kasdim 0209 Labuhanbatu Mayor Inf.S.Hamonangan Tanjung, Ustad Ismayuddin, Ketua KPU Labuhanbatu Jaffar Sidik Poha, Ketua Bawaslu Labuhantau dieakili oleh DR.Bernat Panjaitan,  Ketua PWI Labuhanbatu Ronny Afrizal,SE, Sekretaris PWI Labuhanbatu Kurnia Hamdani, Pengurus dan Anggota PWI Labuhanbatu, Mahasiswa UNIVA,Mahasiswa ULB, Mahasiswa STIKES, Mahasiswa UNISLA, STITA Al Bukhori. (B.Munthe/Tim ). 

Penulis berita B. Munthe. 

TerPopuler