Puskesmas Sikara-Kara Gelar Gerakan Aksi Gizi Serentak di SMA Negeri 1 Natal


Puskesmas Sikara-Kara Gelar Gerakan Aksi Gizi Serentak di SMA Negeri 1 Natal

Sabtu, 07 September 2024, September 07, 2024

Keterangan Foto : Kepala UPTD Puskesmas Sikara-Kara, Winni Wahyuni, S.KM sedang menyerahkan Tablet Tambah Darah (TTD) kepada salah satu Siswi SMA Negeri 1 Natal




Puskesmas Sikara-Kara Gelar Gerakan Aksi Gizi Serentak di SMA Negeri 1 Natal


Mandailing Natal | jejakkriminal.online

Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Sikara-Kara, Kecamatan Natal, Kabupaten Mandailing Natal (Madina) melaksanakan Kegiatan Gerakan Aksi Gizi Serentak dan Senam Sehat dengan melibatkan instansi lintas sektoral di Lapangan Olahraga SMA Negeri 1 Natal, Sabtu (7/9/2024). 


Pada kegiatan ini, selain dihadiri oleh Kepala UPTD Puskesmas Sikara-Kara Winni Wahyuni,S.KM, juga dihadiri Ketua TP. PKK Kecamatan Natal Warih Prihatni, Koordinator PLKB Efrida Nasution, Plh.Kepala KUA Natal Mangku Aulia,S.HI, Kepala SMA Negeri 1 Natal Muhammad Arif Lubis, S.Pd beserta para guru dan seluruh siswa SMA Negeri 1 Natal. 


Rangkaian kegiatan Gerakan Aksi Gizi Serentak dimulai sekira pukul 7.30 Wib, didahului dengan Senam sehat yang diikuti oleh seluruh undangan yang hadir termasuk para siswa SMA Negeri 1 Natal.


Seusai senam sehat, rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan kata sambutan oleh Kepala SMA Negeri 1 Natal Muhammad Arif Lubis, S.Pd, yang kemudian dilanjutkan oleh Ketua TP. PKK Kecamatan Natal Warih Prihatni.


Pada kesempatan itu, Plh.Kepala KUA Natal Mangku Aulia,S.HI memberikan penyampaian edukasi tentang usia pernikahan menurut syariat Islam kepada para siswa-siswi SMA Negeri 1 Natal.


Ditempat yang sama, Koodinator PLKB Efrida Nasution juga memberikan materi edukasi tentang resiko pernikahan dini. Beliau juga menambahkan tentang pentingnya menjaga pergaulan.


Sementara itu, dari UPTD Puskesmas Sikara-Kara, materi edukasi bagi siswa-siswi disampaikan PJ.Gizi dan PJ.Promkes.


Setelah pemaparan singkat, kegiatan dilanjutkan dengan sarapan pagi bersama dengan para siswa-siswi, dan setelah itu pembagian tablet tambah darah kepada siswa-siswi SMA Negeri 1 Natal.

Keterangan Foto : Siswa-siswi SMA Negeri 1 Natal bersama seluruh Undangan sedang melaksanakan Senam Sehat di Lapangan Olahraga SMA Negeri 1 Natal


Kepala UPTD Puskesmas Sikara-Kara, Winni Wahyuni, S.KM kepada wartawan mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan Gerakan Aksi Gizi Serentak yang dilaksanakan sejak 12 Agustus sampai dengan 12 September 2024.


"Gerakan Aksi Gizi Serentak ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya gizi seimbang di kalangan siswa-siswi yaitu dengan membiasakan konsumsi TTD (Tablet Tambah Darah), makan makanan dengan menu bergizi, dan aktivitas fisik yang cukup," ungkap Winni.


"Sebagaimana arahan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Mandailing Natal agar melaksanakan kegiatan ini dengan melibatkan Instansi Lintas Sektoral, maka kita berkolaborasi dengan pihak SMA Negeri 1 Natal, KUA Natal serta pihak Koordinator PLKB, sehingga diadakanlah kegiatan ini yang diawali dengan pelaksanaan senam sehat untuk kebugaran tubuh," pungkasnya. (Martua)

TerPopuler