Polres Kabupaten Labuhanbatu Selatan Memediasi Permasalahan Konflik Antara PT.STA Dengan MDTM Kecamatan Sungai Kanan


Polres Kabupaten Labuhanbatu Selatan Memediasi Permasalahan Konflik Antara PT.STA Dengan MDTM Kecamatan Sungai Kanan

Minggu, 01 September 2024, September 01, 2024
Labuhanbatu Selatan,jejakkriminal.net-Polres Kabupaten Labuhanbatu Selatan yang dipimpin oleh Kapolres AKBP.Maringan Simanjuntak,SH.MH,sukses memediasi(Memfasilitasi Mediasi)permasalahan konflik antara PT.STA(Sumber Tani Agung)dengan MDTM(Masyarakat Dusun Tanjung Marulak) Kecamatan Sungai Kanan yang telah berlangsung selama kurang lebih 4 tahun.
Mediasi tersebut dilaksanakan di Aula Commander Mapolres Kabupaten Labuhanbatu Selatan,Jalan Lintas Sumatera-Desa Sosopan,Kecamatan Kota Pinang,Kabupaten Labuhanbatu Selatan-Sumatera Utara,Sabtu(31/8/2024).

Mediasi yang dilaksanakan di kantor Mapolres Kabupaten Labuhanbatu Selatan ini bertujuan untuk menyelesaikan sengketa yang telah berlangsung antara PT.STA dengan MDTM terkait hak lahan dan operasional perusahaan.

Dalam mediasi tersebut,kedua belah pihak berhasil mencapai kesepakatan damai sebagai solusi terbaik."Perdamaian ini diharapkan dapat menjadi dasar yang kuat bagi hubungan harmonis antara PT.STA dengan MDTM untuk dapat menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif,"ujar Wakapolres Kabupaten Labuhanbatu Selatan Kompol.Ramsen Samosir,SH.MH.

Pihak PT.STA berjanji akan memperhatikan keluhan warga dan menjalin komunikasi yang lebih baik ke depannya.Sementara itu,MDTM juga berharap agar PT.STA dapat memenuhi komitmennya,sehingga konflik serupa tidak terulang lagi di masa mendatang.

Selesai mediasi,Perwakilan dari MDTM Dian Hamonangan mengatakan bahwa pertemuan tersebut ada titik temu menyelesaikan konflik yang ada."Alhamdulillah pertemuan mediasi antara PT.STA dengan MDTM menemui titik temu walaupun belum ada kata kesepakatan antara keduanya namun akan dilakukan lagi pertemuan untuk membahasnya.Alhamdulillah PT.STA terbuka dan mau menerima keluhan dan permintaan dari MDTM,dan kami mengucapkan terima kasih kepada Polres Kabupaten Labuhanbatu Selatan yang telah memfasilitasi mediasi ini,"ujarnya.

Sementara itu,Humas PT.STA P.Tamba mengatakan,"dari pertemuan mediasi hari ini telah disepakati adanya titik temu antara kelompok MDTM dengan pihak PT.STA walaupun belum dibahas apa saja yang menjadi permintaan masyarakat.Kedepannya akan dilakukan lagi pertemuan untuk membahas itu semua.Intinya PT.STA akan memberikan bantuan apa yang dapat diberikan kepada masyarakat dan memperhatikan masyarakat sekitar,"ujarnya.

Dengan adanya mediasi ini,Polres Kabupaten Labuhanbatu Selatan berharap stabilitas dan ketentraman di wilayah Kecamatan Sungai Kanan khususnya Dusun Tanjung Marulak dapat terus terjaga.

Mediasi tersebut dihadiri oleh Wakapolres Kabupaten Labuhanbatu Selatan Kompol.Ramsen Samosir,SH.MH,Kabag Ops.Polres Kabupaten Labuhanbatu Selatan Kompol.Hasoloan Sinambela,SH,Kasatreskrim Polres Kabupaten Labuhanbatu Selatan AKP.Gurbacov,SIK.MH.MKrim,Kasat Binmas AKP.Henry Surbakti,Kasat Samapta AKP.Zulkifli,Kasi Was Iptu.Turpuk Siburian,Kapolsek Sei Kanan AKP.H.Hutajulu,Camat Sungai Kanan,Danramil 12/Langga Payung,Unsur Muspika Kecamatan Sungai Kanan,Perwakilan dari PT.STA dan Humas PT.STA,dan Perwakilan dari MDTM.

(Ferdinan F.Simanjuntak)

TerPopuler