Mewakili Bupati Labuhanbatu Kadis Kominfo Buka Kegiatan Sosialisasi Peraturan Dewan Pers


Mewakili Bupati Labuhanbatu Kadis Kominfo Buka Kegiatan Sosialisasi Peraturan Dewan Pers

Rabu, 04 September 2024, September 04, 2024
                          
Rantau Prapat, jejakkriminal.net -

Kepala Dinas Kominfo Pemkab Labuhanbatu Ahmad Fadly Rangkuti ST, M.Kom, membuka secara resmi kegiatan sosialisasi Peraturan Dewan Pers Nomor I/Peraturan DP/II/2019 tentang Pedoman Pemberitaan Ramah Anak (PPRA), yang diselenggarakan pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Labuhanbatu, di Natural Cafe n Resto, Jalan Taruna Nomor 87, Kelurahan Padang Bulan, Kecamatan Rantau Utara Kabupaten Labuhanbatu.nRabu (4/9/24).

Dalam kesempatan itu, Fadly menyambut baik terlaksananya kegiatan dimaksud. Dia mengatakan, Peraturan Dewan Pers tentang Pedoman Pemberitaan Ramah Anak (PPRA) sudah diterbitkan sejak tahun 2019.

Dengan adanya peraturan itu, sambung Fadly, penulisan berita tentang anak baik sebagai korban, saksi maupun tersangka kejahatan telah memiliki pedoman yang jelas.

“ PPRA sudah dimulai sejak tahun 2019. Dalam penulisan berita tentang anak sebagai saksi, korban maupun tersangka telah ada pedomannya. Itu yang perlu kita jaga” katanya.

Menurut Fadly, pedoman dan etika dalam penulisan berita menjadi faktor utama yang harus ditaati dan didahulukan dari pada kecepatan.

“ Jangan kecepatan menulis berita menurunkan etika dan pedoman dalam jurnalistik. Kecepatan perlu tapi bukan yg utama” ujarnya.

Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan Afriandi mengatakan, maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan sosialisasi PPRA sebagai pemantapan bagi anggota PWI Kabupaten Labuhanbatu dalam menulis pemberitaan tentang anak.

Sosialisasi PPRA menghadirkan tiga orang narasumber yaitu Kadis Kominfo Labuhanbatu, Ketua PWI Labuhanbatu Rony Afrizal, SE dan Sekretaris PWI Labuhanbatu Kurnia Hamdani.

Kegiatan yang diikuti Kabid kominfo seluruh pengurus dan anggota PWI Labuhanbatu, berlangsung selama satu hari sejak pagi hingga sore hari.


(Bernahad Munthe)

TerPopuler