Kegiatan Panen Padi Musim Tanam (MT) Gadu" di Gapoktan Tani Hayo


Kegiatan Panen Padi Musim Tanam (MT) Gadu" di Gapoktan Tani Hayo

Kamis, 12 September 2024, September 12, 2024

Sanggau, jejakkriminal.net -

Pada hari Selasa tanggal 10 September 2024 sekitar jam 09.00 wib s/d selesai telah dilaksanakan Panen Padi Musim Tanam (MT) Gadu di Gapoktan Tani Hayo oleh Pj. Bupati Sanggau di Dusun Baharu, Ds. Sebarra Kecamatan Parindu Kabupaten Sanggau.


Kegiatan tersebut dihadiri oleh : 

Pj. Bupati Sanggau Suhermas SH, MH., Kapolres Sanggau diwakili oleh Kapolsek Parindu Ipda H. Pintor Hutajulu, Dandim 1202/Sangggu di wakili oleh Kasdim Mayor Arm. Duloh, Kadis Ketahanan Pangan Holtikultura dan Perikanan Kab. Sanggau Kubin SP, M. Si., Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekertaris Daerah Kab. Sanggau Drs. Paulus Usrin, M.Si., Kepala Satpol PP Kab. Sanggau Suhendra, S.Sos., Camat Parindu Darmikus Heri S.sos, Danramil Parindu Lettu Inf. Joko Budi, Camat Kapuas Laurianus Yoka, SH., MH., Ketua Gakpoktan Tani Hayo Sdra. Heri beserta kelompok tani/Gakpotan Tani Hayo.


Rangkaian kegiatan adalah Sbb :


- Laporan Ketua Gapoktan Tani Hayo.

- Sambutan Camat Parindu.

- Sambuatan dan Laporan Kepala DKPTPHP Kab. Sanggau.

- Sambuatan dan arahahan Pj. Bupati Sanggau 

- Diskusi.

- Doa

- Makan Siang.

- Penutup.

Adapun sambutan Pj. Bupati Sanggau Sbb :


1. Mengawali sambutan ini, udah sepantasnya kita semua memanjatkan puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa karena atas limpahan rahmat dan karunianya, sehingga pagi ini kita masih diberikan kesempatan untuk hadir dan melaksanakan “Panen Padi Musim Tanam (MT) Gadu” di Gapoktan Tani Hayo Desa Suka Gerundi Kecamatan Parindu dalam keadaan sehat dan penuh semangat.


2. Bahwa sektor pertanian masih merupakan salah satu sektor yang menjadi prioritas pembangunan Kalimantan Barat khusus Kabupaten Sanggau, mengingat cukup besarnya peluang dan potensi sektor ini yang masih dapat dikembangkan dan di dayagunakan untuk meningkatkan produktivitas padi dan efisiensi usaha tani terus dilakukan untuk memenuhi ketersediaan pangan dan meningkatan pendapat petani.


3. Langkah cepat yang dapat dilakukan untuk meningkatan produksi padi tahun 2024 khususnya di Kabupaten Sanggau ditengah iklim yang berubah ubah  adalah melalui percepatan olah tanah dan tanam padi dengan menfaatkan sisa air atau potensi air sungai yang ada, dan hal itu sudah kita lakukan di kelompok tani ensuma di desa Meringin Jaya Kecamatan Parindu pada tanggal 1 April 2024 lalu, dan pada hari ini kita melaksanakan  “Panen Padi Musim Tanam (MT) Gadu” di Gapoktan Tani Hayo Desa Suka Gerundi Kecamatan Parindu, Kegiatan ini menjadi momen penting dalam upaya meningkatkan produksi pangan dan upaya pengendalian inflasi di Kabupaten Sanggau. Pada tahun 2023 produksi padi Kabupaten Sanggau 64.524 ton (GKG), dengan varietas-varietas unggul yang baru dan beragam yang baru kita panen pada hari ini kita berharap adanya peningkatan produksi ditahun 2024.


4. Atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau sangat mengapreasisi kesungguhan petani dikabupaten Sanggau khususnya petani di Kecamatan Parindu dalam menggerakan pertanian sawah atau menanam padi. Antusias petani sanggat penting bagi Pemerintah Daerah dalam menjaga ketersediaan pangan bagi masyarakat, juga menjadi prioritas dalam  pengendalian inflasi dan menjaga stabilitas harga bahan-bahan kebutuhan pokok di pasaran lokal.


5. Terima kasih kepada para petani di sini yang telah memanfaatkan bantuan pemrintah dengan sangat baik, sehingga pada hari ini telah mendapatkan hasil panen yang sangat bagus, kita saksikan bersama pada hari ini areal sawah yang menguning dengan butir – butir padi yang sangat bagus.


6. Peran penyuluh pertanian sangat menentukan keberhasilan pembangunan pertanian, penyuluh pertanian adalah orang yang bertugas dalam memberikan dorongan kepada petani agar mampu mengubah cara pikir, cara kerja dan cara hidup lebih sesuai dengan perkembangan baik pengetahuan budidaya maupun teknologi


7. Dan yang terakhir saya berharap disini ketua gapoktan Tani Hayo untuk dapat membuat kolam ikan dan saya mohon kepada kadis terkait untuk dibantu bibit ikanya artinya disini tidak satu komuditi saja dengan tujuan kebutuhan masyarakat dapat dipenuhi.


Bahwa di lahan padi sawah “Gapoktan Tani Hayo”  Desa Suka Gerundi Kecamatan Parindu untuk panen padi musim tanam (MT) gadu jPadi yang di panen  terdiri berbagai varietas yaitu :


1. Varietas Semanik

2. Varietas Purnama Borneo

3. Varietas Hibrida BCA Luas hamparan yang siap panen adalah 4,80 Ha sedangkan total luasan hamparan adalah 22,30 Ha

 

Kegiatan selesai sekitar jam 11.30 wib selama kegiatan berlangsung situasi aman dan terkendali.


CATATAN


A. Dasar Pelaksanaan kegiatan yaitu berdasarkan surat undangan dari Bupati Sanggau Nomor : 500.6.12/2477/DKPTPHP-TP, tanggal 09 September 2024 Perihal Panen Padi MT Gadu.


B. Pelaksanan Panen Padi Musim Tanam (MT) Gadu” di Gapoktan Tani Hayo dalam rangka pengendalian inflasi  tingkat daerah dalam ketersediaan  pemenuhan pangan  sebagai bagian penting dalam upaya pengendalian inflasi.



IV. PENUTUP


Demikian yang dapat dilaporkan dan situasi kamtibmas secara umum untuk sementara dalam keadaan aman / kondusif.  


(Alantitus)

TerPopuler