Kabid Humas Polda Sumsel Menyampaikan, Pengamanan Untuk Pilkada Serentak 2024 Wilayah Provinsi Sumsel


Kabid Humas Polda Sumsel Menyampaikan, Pengamanan Untuk Pilkada Serentak 2024 Wilayah Provinsi Sumsel

Sabtu, 14 September 2024, September 14, 2024

 



PALEMBANG | JEJAKKRIMINAL – Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid humas) Kepolisian daerah (Polda Sumsel) Kombes Pol Sunarto melalui Kasubbid PID AKBP Suparlan, SH, MSi mengungkapkan bahwa pengamanan untuk Pilkada serentak 2024 wilayah Provinsi Sumsel akan sepenuhnya dilaksanakan oleh Polda Sumsel dan jajarannya di masing-masing wilayah.


Artinya, Suparlan melanjutkan Polda Sumsel dan jajarannya akan menangani tahapan-tahapan pesta demokrasi berdasarkan kewilayahan mereka.


“Pengamanan Pilkada ini akan dilaksanakan oleh Polda Sumsel beserta jajarannya sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) yang berlaku. Kita masih akan menghadapi beberapa tahap lagi ke depannya.”katanya kepada wartawan,usai menghadiri Talkshow Pilkada dengan tema " Kesiapan dan Pengamanan Pilkada 2024 Provinsi Sumsel " di Hotel Wyndam Palembang Sabtu (14/9/2024) pagi. 


Suparlan melanjutkan walaupun pengamanan dilakukan oleh Polda Sumsel dan jajarannya, Polri tetap akan berperan aktif dalam mengawasi seluruh tahapan Pilkada, mulai dari pendaftaran calon, pelaksanaan kampanye, pemungutan suara, hingga penghitungan dan rekapitulasi hasil suara.


“Proses pengamanan akan mencakup penetapan pasangan calon, kampanye, pemungutan suara, serta penghitungan dan rekapitulasi hasil,” ungkapnya.


Ia juga menambahkan bahwa setiap daerah ( Kabupaten/.Kota ) memiliki karakteristik unik, yang memerlukan pendekatan dan strategi pengamanan yang sesuai dengan kondisi lokal.


“Pengamanan dilakukan berdasarkan karakteristik daerah masing-masing Intelijen di setiap Jajarannya ( Polres / Tabes ) sudah menilai kebutuhan pengamanan sesuai dengan kondisi lokal,” Tutup Suparlan. 


Turut hadir sekaligus narasumber dalam kegiatan tersebut diantaranya Karo Ops Polda Sumsel ,Kombes Pol Anis Prasetio SIK, nampak juga hadir perwakilan Dirkrimum, Dirintelkam,dan Kabid humas polda Sumsel. 


kegiatan tersebut turut juga dihadiri Pj. Gubernur Sumsel ,Ketua KPU Prov. Sumsel, Ketua Bawaslu Prov. Sumsel, Pengamat politik Prof. Dr. Alifitri, M.Si. ( Dekan Fakultas FISIP Unsri Palembang). 


dan dari Perwakilan Masing-masing Paslon Gubernur Sumsel dengan susunan acara  Pembukaan , pembacaan Doa Menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia,sambutan masing-masing Narasumber yang menyampaikan kesiapan pelaksanaan dan  pelaksanaan pilkada serentak tahunn 2024.

dilanjutkan sesi tanya jawab dengan audien kepada masing-masing Narasumber baik Polri/KPU/Bawaslu/Pemprov Sumsel dan diakhiri Foto bersama. (Rudy Saleh) 

TerPopuler