Storan Dana BOS PKBM di Duga Jadi Ladang Korup, Ketua Forum PKBM Garut Jadi Sorotan Publik


Storan Dana BOS PKBM di Duga Jadi Ladang Korup, Ketua Forum PKBM Garut Jadi Sorotan Publik

Jumat, 27 September 2024, September 27, 2024



Jejakkriminal.Net.Garut- Ketua Forum Komunikasi Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (FK PKBM) H. Hikmat S. Ag yang menjabat sebagai ketua yayasan Tarbiyatul Aulan serta adanya rangkap jabatan sebagai kepala sekolah di PKBM Tarbiyatul Aulan yang beralamat di Jl. Ngamplang Rt 02, Rw 02 Desa Cibodas, Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut.




Diduga, ketua Forum PKBM tersebut telah melakukan aksi sebuah pungutan kepada sejumlah PKBM di Kabupaten Garut yang alasan nya untuk kepentingan beberapa hal, yakni iuran kegiatan, pengkondisian keamanan dan kekondusipan dari pengawasan intansi terkait, juga pengkondisian  sejumlah wartawan di Kabupaten Garut dalam hal publikasi atau pemberitaan dari kegiatan dan bukti tentang adanya pembelajaran  lembaga PKBM di Kabupaten Garut.




Hal tersebut telah di ungkap beberapa rayon yang merasa kecewa atas dugaan prilaku yang menyimpang yang di lakukan sejumla koruptor  seperti, Ketua (H. Hikmat ), Sekretaris (Dani ) Guru pendidik Sekolah Dasar ( P3K) dan juga Bendahara (Asep Heru) yang merangkap jabatan sebagai kepala sekolah PKBM juga Sekretari Desa Tambak Baya, di Kecamatan Cisurupan.



Kekecewaan ini, terjadi ketika para awak media melakukan kunjungan dalam program ANBK tahun ajaran 2024 kepada PKBM di sejumlah wilayah di Kabupaten Garut, meski diantaranya ada beberapa PKBM yang tidak melakukan ANBK seperti PKBM lain nya atau PKBM jadi jadian. Dari sejumlah PKBM tersebut salah satu Kepala sekolah yang menjabat di Rayon mengungkap kan keluh kesah nya dari prilaku pengurus forum PKBM.



" Akhir akhir ini awak media sering sekali berkunjung kelembaga saya, ya saya sih senang bisa bersilaturahmi, tapi untuk anggaran berita atau apapun itu, sayakan sudah stor lewat transper setiap pencairan dana bos, pencairan tahap sekarangpun saya storkan kepada Asep Heru sebagai bendahara Forum, malahan seluruh PKBM yang ada di rayon saya pak",  ungkap nya, Sabtu 07 September 2024.



Mengenai hal ini, adanya pungutan atau iuran yang di lakukan para pengurus FK PKBM, tim Jejak Kriminal. Net berupaya untuk dilakukan klarifikasi tentang informasi ini kepada yang bersangkutan yakni ketua Forum H. Hikmat S. Ag, Selasa, 24 September 2024, namun sudah beberapa kali di lakukan kunjungan, ketua Forum H. Hikmat di duga tak koperatip dan menghindar untuk di lakukan wawancara, hingga berita ini ditayangkan.



(R. Santosa/A. Dinata)



TerPopuler