Datuk Bandaro Lebih, Alias M.HADI,S.Pd Selaku Kepala Desa Gelar Hut Ke 02 Desa Pulau Aro Dan PJ Mukti Bupati Merangin


Datuk Bandaro Lebih, Alias M.HADI,S.Pd Selaku Kepala Desa Gelar Hut Ke 02 Desa Pulau Aro Dan PJ Mukti Bupati Merangin

Minggu, 08 September 2024, September 08, 2024
Merangin, Jejakkriminal.net 

Dalam rangka Hut Ke 02 M.HADI,S.Pd Kepala Desa Pulau Aro, Kecamatan Tabir Ulu, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi, mengenalkan beberapa ragam adat budaya lawas/lama Desa Pulau Aro, yang di selengarakan pada Hari Saptu 7/8/2024) dini Hari. 


Pembukaan HUT PEMDES KE 02 Pulau Aro, yakni Festival budaya Desa Pulau Aro, resmi di buka oleh Mukti PJ Bupati Merangin, juga di wakili asisten Bupati staf ahli bidang keuangan, pembangunan dan pengembangan Masyarakat, IRSADI, S.Sos, M.Si terus dihadiri ketua Lembaga Adat Merangin Datuk Azra'i beserta rombongan dan Camat Tabir Ulu Maspiatun,S.Pd. MM dan Tokoh-tokoih Masyarakat Pulau Aro juga di support oleh anggota DPRD Merangin TEGUH WAHYUDI, SH asli kelahiran Desa Pulau Aro.  

Kepala Desa dengan Gelar Datuk Bandaro Lebih, saat di wewancarai Media ini mengeni bebera Adat isti Adat budaya lawas/lama Desa Pulau Aro dengan uraian satu persatu nama dan jenis budaya Pulau Aro, yang di perkenalkan oleh beberapa Masyarakat dari tingkat anak-anak hingga orang dewasa. 



 "Saya selaku Kepala Desa Pulau Aro sangat berterimakasi kepada lapisan Masyarakat saya tentunya, maaf saya tidak bisa menyebutkan nama satu persatu yang jelas dari tokoh-tokoh Masyarakat saya semoga terhibur karena ini adalah suatu sejarah dari leluhur kita mengenai budaya-budaya yang kita peragakan ini, semoga Hut Desa Pulau Aro dapat kita selenggarakan di setiap tahun mendatang,, ungkap Datuk Bandaro Lebih.
Dalam Hut PEMDES ke 02 Desa Pulau Aro, Datuk Bandaro Lebih juga mengadakan Loncing Ambulance Desa Pulau Aro, yang di serah terima kepada Masyarakat untuk membantu di beberapa kalangan Masyarakat Pulau Aro.
"Semoga Mobil Ambulance Desa, dapat di gunakan bagi Masyrakat saya semua sambung Datuk Bandaro Lebih,, 


Berikut nama-nama perlombaan dan budaya Adat lawas/lama Pulau Aro yakni 
1 Lomba Pawai parade budaya 
2 Lomba STAN budaya 
3 Lomba Tari daerah 
4 Lomba lagu daerah 
5 Lomba Ngilo Anak adat lamo 
6 Lomba Memasak masakan tradisional lamo 
7 Lomba ngukuw niur 
8 Lomba Kontes burung puyuh 
 9 Lomba secepat buat ketupat 
10 Lomba baca puisi dengan tema budaya 
11 Lomba kreasi anak paud/Tk dari beberapa perlombaan tersebut di ambil dari bahasa melayu jambi dan bahasa daerah setempat. 


 ( Ryan Hidayat )

TerPopuler