Acara Ritual Pomang Pembangunan Rumah Betang Adat Dayak Tayan Hulu 2024


Acara Ritual Pomang Pembangunan Rumah Betang Adat Dayak Tayan Hulu 2024

Sabtu, 07 September 2024, September 07, 2024

Kalimantan Barat, jejakkriminal.net -

Dalam persiapan pembangunan Rumah Betang Adat Dayak kecamatan Tayan hulu terlebih dulu mengadakan ritual pomang sebelum memulai pembangunan karena ini sudah merupakan kewajiban yang sudah turun temurun dari nenek moyang sebelum melakukan salah satu pekerjaan pembangunan sebuah rumah dan yang lain nya. 

"Maka di lakukan pomang dulu, dengan tujuan agar dalam pelaksanaan kegiatan dan pembangunan Rumah Betang ini berjalan baik dan dijauh kan dari hal-hal yang bisa mengganggu akan terhindar karena sudah memohon kepada penompok pemuhun jubata Tuhan lewat pomang ini terhindar dari mara bahaya dan lainnya." Kata tukang Pomang pak Longgon.

Acara Ritual pomang ini dilaksanakan pada hari Jumat, 6 September 2024.

Di hadiri oleh ketua DAD Tayan hulu Heriyanto, AMD dan beserta anggota DAD Tayan hulu, Wakapolsek Tayan hulu Iptu Julian Syahputra dan anggota Polsek Tayan hulu, Serka Ngatijo Babin Komsos, Koramil 11 Tayan Hulu Kades PetrusS wandi SE dan Staf Perwakilan Camat. 

Y. Aon SPD Timanggong sosok,Timanggong menyabo, kadat tahan kadat sembatu kadat dan sosok dua, kadat moling unsur masyarakat, serta dari dinas PUPR Sanggau kegiatan ini berlangsung lancar dari siang sampai sore di akhiri foto bersama dan makan bersama.


(Alantitus)

TerPopuler