Santri Ponpes Nurul Huda Al Manshurin Ikuti Kerja Bakti Bersihkan Lingkungan


Santri Ponpes Nurul Huda Al Manshurin Ikuti Kerja Bakti Bersihkan Lingkungan

Senin, 19 Agustus 2024, Agustus 19, 2024

 


Kediri - PAC LDII Tempurejo menunjukkan komitmennya dalam menjaga lingkungan dengan mengadakan kerja bakti bersama Tiga Pilar dan warga Kelurahan Tempurejo, pada Minggu (18/8).

Ketua LDII Kota Kediri, H.Agung Riyanto mengatakan bahwa kerja bakti bersama ini merupakan salah satu instruksi DPP LDII untuk mengisi HUT ke-79 RI.

"Kerja bakti ini dilaksanakan serentak oleh warga LDII di seluruh Indonesia pada Bulan Agustus ini, hanya saja tanggalnya disesuaikan dengan kondisi lingkungan setempat. Ini kami laksanakan dalam rangka mensyukuri kemerdekaan RI ke-79," ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa kegiatan ini berkolaborasi dengan warga dan tiga pilar kelurahan tempurejo, yaitu yakni Bintara Pembina Desa (Babinsa), Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas), dan lurah.

"Selama ini kami instruksikan kepada PAC dan PAC untuk selalu berkoordinasi dengan pemerintah setempat, alhamdulillah hari ini salah satu buktinya. Kekompakan warga LDII dan tiga pilar kelurahan tempurejo dalam kegiatan ini," ungkapnya.

Menurutnya, kegiatan kerja bakti lingkungan ini juga sejalan dengan delapan bidang pengabdian LDII untuk bangsa, antara lain bidang kebangsaan yakni menimbulkan rasa nasionalisme yang tinggi. Hal itu juga dilakukan dengan menggelar upacara HUT Ke-79 RI sehingga semakin menumbuhkan rasa nasionalisme.

"Kemudian bidang keagamaan atau dakwah, bidang pendidikan karakter yang diperkuat demi mempersiapkan generasi yang berkarakter menyongsong Indonesia emas 2045. Kesehatan herbal, bidang ketahanan pangan dan lingkungan hidup dengan turut serta menjaga lingkungan agar selalu bersih sehingga menjadi lingkungan yang sehat. Bidang teknologi informasi, bidang ekonomi, dan bidang energi baru terbarukan," imbuhnya.

Lebih lanjut, Kepala Kelurahan Tempurejo Oryza Mahendra Jaya mengapresiasi terhadap kegiatan positif LDII untuk gotong royong membersihkan lingkungan.

"Alhamdulillah, masyarakat sangat terbantu dengan kegiatan yang digelar LDII tersebut dan mereka pun aktif juga dalam membantu," ungkapnya.

Ia juga mengajak seluruh masyarakat untuk bergotong royong dalam membersihkan lingkungan bersama. Kegiatan ini menurutnya juga menjadi wujud cinta pada tanah air. "Semoga kegiatan ini menjadi agenda rutin yang tak hanya saat kemerdekaan, tetapi juga sepanjang tahun dan menjadi kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari," imbuhnya.

Ketua Pemuda LDII Kota Kediri, Asyhari Eko Prayitno yang juga ikut serta dalam kegiatan tersebut mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk komitmen LDII untuk tidak hanya berfokus pada aspek keagamaan, tetapi juga berkontribusi pada upaya menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan sekitar.

"Kegiatan gotong royong saat ini seakan mulai pudar di kalangan masyarakat, padahal sila-sila dalam Pancasila pun isinya tentang gotong royong. Maka kami berharap dengan kegiatan LDII seperti ini semakin menumbuhkan gotong royong di kalangan masyarakat.

Ia menekankan bahwa partisipasi aktif dalam kegiatan seperti ini merupakan salah satu cara LDII untuk menunjukkan peran serta dalam mendukung berbagai program pemerintah, khususnya dalam hal menjaga kebersihan lingkungan.

"Tentunya hal ini juga akan menjadi modal generus kita, generasi yang sehat menyongsong Indonesia emas 2045. Maka harapannya kendati dengan teknologi yang semakin berkembang, gotong royong tetap ada di kalangan masyarakat," tutupnya.




 

TerPopuler