Ratusan Warga Gerudug Kantor Desa Cantuk Singojuruh Banyuwangi Terkait Tuntutan Mundur Ketua BPD


Ratusan Warga Gerudug Kantor Desa Cantuk Singojuruh Banyuwangi Terkait Tuntutan Mundur Ketua BPD

Selasa, 06 Agustus 2024, Agustus 06, 2024

Banyuwangi, jejakkriminal.net -

Ratusan warga Desa Cantuk hari Senin 5 Agustus 2024 pukul 14.00 WIB melakukan aksi demo di depan kantor Desa Cantuk, Kecamatan Singojuruh, Kabupaten Banyuwangi untuk menuntut ketua BPD (Badan Permusyawaratan Desa) setempat, Samsul agar mundur dari jabatannya.


Dalam aksinya, para pendemo melakukan orasi sambil membentangkan spanduk serta poster yang berisikan tulisan tentang tuntutan yang diinginkan masyarakat Desa Cantuk serta melakukan aksi tanda tangan di atas kain putih sebagai bentuk dukungan terhadap demo yang berlangsung.


Menurut Haji Fauzi selaku salah satu tokoh masyarakat dan juga sebagai salah satu koordinator demo mengatakan kekecewaanya terhadap kinerja Samsul yang notabenya Ketua BPD Desa Cantuk. Menurutnya, selama ini ketua BPD dinilai tidak pro ke warga serta diduga telah mengabaikan data penting yang hilang/dihapus oleh perangkat desa setempat.



Saat didesak warga, akhirnya perwakilan dari BPD menemui warga dan mengajak warga untuk duduk bersama/berdialog menyelesaikan permasalahan yang menjadi tuntutan warga sehingga menghasilkan kesepakatan yang tertuang di selembar kertas bermaterai.


Dari kesepakatan itu disepakati bahwasanya BPD Desa Cantuk meminta waktu selama 2 hari yang selanjutnya memberikan informasi dari ketua BPD yang disaksikan tokoh masyarakat setempat, dan apabila dalam waktu 2 hari, Samsul selaku tertuntut tidak mundur dari jabatannya sebagai ketua, maka anggota akan siap mengundurkan diri dari jabatannya sebagai anggota BPD.


Saat dikonfirmasi awak media, sebelum pendemo membubarkan diri, Haji Fauzi menyampaikan bahwasanya kami akan menunggu selama 2 hari karena anggota BPD akan menemui Samsul selaku ketua, dan apabila ketua BPD tetap pada pendiriannya dan tidak mau mengundurkan diri dari jabatannya, maka masyarakat Desa Cantuk dan juga yang hadir pada siang ini akan menggelar aksi yang sama dengan massa yang lebih besar lagi," pungkas Haji Fauzi menutup penyampaianya.


(Singgih) 

TerPopuler