Pemkot Cirebon Komitmen Tingkatkan Kualitas Keluarga dan Perlindungan Anak


Pemkot Cirebon Komitmen Tingkatkan Kualitas Keluarga dan Perlindungan Anak

Rabu, 07 Agustus 2024, Agustus 07, 2024

                                     

Cirebon, jejakkriminal.net – 

Penjabat Sekretaris Daerah Kota Cirebon, M. Arif Kurniawan, ST secara resmi membuka acara peringatan Hari Keluarga Nasional ke-31 yang dirangkaikan dengan Hari Anak Nasional ke-40 tahun 2024 di Hotel Zamrud, Rabu (7/8/2024). Acara ini juga diisi dengan seminar 1000 Hari Pertama Kehidupan. 


Kegiatan dihadiri Bunda PAUD Kota Cirebon, Hj NR Madyawati, SH., MPd, Narasumber Seminar, Dr dr. Tan Shot Yen, MHum sebagai Dokter Ahli Gizi Masyarakat, dan sejumlah kepala perangkat daerah. Peringatan Hari Keluarga Nasional kali ini bertemakan “Keluarga Berkualitas Menuju Indonesia Emas”. 


Pj Sekda menjelaskan, keterlibatan unsur keluarga berdasarkan gender di Kota Cirebon telah mencapai tingkat yang sangat membanggakan, dengan Indeks Pemberdayaan Gender (IDG) sebesar 77,3 dan Indeks Pembangunan Gender (IPG) sebesar 95,5, menjadikan Kota Cirebon peringkat terbaik di Jawa Barat. Indeks Pembangunan Keluarga Kota Cirebon adalah 61,14, di atas rata-rata Jawa Barat dan target nasional 59,00.


"Namun, tantangan dalam menyiapkan generasi masa depan yang berkualitas dan berdaya saing masih ada, dengan angka prevalensi stunting pada tahun 2023 yang masih berada di angka 19,9%. Oleh karena itu, diperlukan kerja sama seluruh pihak untuk mencapai target 14% pada tahun 2024," ujarnya.


Pj Sekda menilai, peringatan Hari Keluarga Nasional dan Hari Anak Nasional tahun ini menjadi momentum untuk terus berupaya dalam pembangunan nasional menuju Indonesia Maju. Keluarga dengan anggota di dalamnya, termasuk orang tua, anak, remaja, dan lanjut usia, perlu mendapatkan intervensi yang sesuai dengan siklus kehidupannya agar dapat menjalani setiap tahapan hidupnya dengan berkualitas.


"Terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah memberikan dukungannya bagi peningkatan dan pengembangan kualitas keluarga serta perlindungan anak di Kota Cirebon dan Indonesia pada umumnya," tuturnya.



Sebagai bagian dari upaya meningkatkan kualitas keluarga di Kota Cirebon, Pemerintah Kota Cirebon meresmikan Pusat Pelayanan Keluarga Satya Gatra. "Semoga dengan adanya Pusat Pelayanan Keluarga Satya Gatra diharapkan dapat meningkatkan akses keluarga terhadap layanan peningkatan kualitas keluarga, termasuk pelayanan konsultasi dan konseling untuk keluarga balita dan anak, keluarga remaja, pranikah, keharmonisan keluarga, dan pemberdayaan ekonomi keluarga," harapnya.


Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana DP3APPKB Kota Cirebon Suwarso Budi Winarno mengatakan, peringatan Hari Keluarga Nasional dengan tema ”Keluarga Berkualitas menuju Indonesia Emas” pada dasarnya adalah untuk mengingatkan tentang pentingnya peran dan fungsi keluarga dalam pembangunan. Selain itu, Hari Anak Nasional yang tahun ini memasuki tahun ke-40 mengusung tema “Anak Terlindungi, Indonesia Maju,” mencerminkan pentingnya melindungi anak-anak sebagai kunci kemajuan bangsa di masa depan. 


"Mengingatkan kita arti penting peran keluarga dalam kehidupan dan merefleksikan kembali anak-anak kita memiliki hak dalam pertumbuhannya. Perlindungan dan peningkatan kualitas serta kapasitas anak menjadi prioritas," tuturnya.  (Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kota Cirebon).


(Eka/rls)

TerPopuler