Pemkab Labuhanbatu Gelar Napak Tilas Nilai-nilai Juang 45


Pemkab Labuhanbatu Gelar Napak Tilas Nilai-nilai Juang 45

Rabu, 14 Agustus 2024, Agustus 14, 2024
Labuhanbatu,jejakkriminal.net-Menyambut HUT Kemerdekaan-RI Ke 79 Tahun 2024,Pemkab Labuhanbatu melalui Disporabudpar Kabupaten Labuhanbatu menggelar kegiatan Napak Tilas Nilai-nilai Juang 45 dan Semangat Kemerdekaan yang di mulai dari Tugu Juang 45 Lobusona,Rantau Selatan menuju Rumah Dinas Bupati Pertama,di Jalan MH.Thamrin-Rantauprapat,Kecamatan Rantau Utara,Kabupaten Labuhanbatu-Sumatera Utara,Rabu(14/8/2024).
Setelah para peserta yang terdiri dari pelajar dan mahasiswa,tiba di Rumah Dinas Bupati Pertama,kegiatan dilanjutkan dengan pemberian arahan dan penjelasan sejarah perjuangan.
Dalam kesempatan ini,Asisten Setdakab Labuhanbatu Drs.H.Sarimpunan Ritonga,mengatakan kepada para generasi muda bahwa nilai berbeda dengan harga."Harga bisa ditawar tapi kalau nilai tidak bisa ditawar,jadikan diri anda generasi yang bernilai,"jelasnya.
Drs.H.Sarimpunan Ritonga,menambahkan bahwa Pemkab Labuhanbatu terus menerus melakukan Napak tilas nilai-nilai dan semangat kemerdekaan agar nilai-nilai semangat perjuangan tidak terputus.
Kegiatan dilanjutkan dengan penjelasan sejarah singkat mengenai Kemerdekaan-RI oleh Ketua DAC 45 Rustam Hasibuan.Dirinya mengatakan masih banyak yang beranggapan merdeka itu biasa saja.Padahal Kemerdekaan Indonesia bukan diberikan,Kemerdekaan-RI adalah dengan jerih payah masyarakat Indonesia."Merdeka bukan hasil pemberian,merdeka kita adalah hasil perjuangan,"ucapnya.

Rustam Hasibuan kemudian menjelaskan mengapa tugu juang yang sekarang ini dipilih menjadi lokasi sejarah perjuangan,karena Tugu Juang ini adalah markasnya para pejuang,lokasinya strategis,tinggi,ditutupi hutan,tidak Nampak oleh musuh saat para pejuang bergerilya.

Kegiatan dilanjutkan dengan sambutan oleh Ketua pimpinan cabang Legiun Veteran Kabupaten Labuhanbatu Muhammad Kamil Sutrisno,arahan oleh Kanit Lalulintas Kabupaten Labuhanbatu Benny AZ,dan pengumuman lomba dalam pelaksanaan Napak tilas.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Disporabudpar Kabupaten Labuhanbatu,Beberapa Perwakilan OPD Kabupaten Labuhanbatu,Perwakilan Kodim 0209/LB,Perwakilan Polres Kabupaten Labuhanbatu,Kabid Disporabudpar Kabupaten Labuhanbatu,Perwakilan Pelajar dan mahasiswa di Kabupaten Labuhanbatu,dan Hadirin lainnya.

(B.MUNTHE/TIM)


TerPopuler