Pelantikan Anggota DPRD Kota Cirebon dan Serah Terima Kepemimpinan dalam Rapat Paripurna


Pelantikan Anggota DPRD Kota Cirebon dan Serah Terima Kepemimpinan dalam Rapat Paripurna

Selasa, 20 Agustus 2024, Agustus 20, 2024


Cirebon, jejakkriminal.net -

Pada hari Rabu, 20 Agustus 2024, sebanyak 35 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Cirebon masa bhakti 2024-2029 resmi dilantik dan diambil sumpah janjinya dalam Rapat Paripurna yang digelar di Gedung DPRD Kota Cirebon, Jalan Siliwangi No. 109. Acara ini dihadiri oleh Pj. Walikota Cirebon Drs. H. Agus Mulyadi, M.Si, Ketua Pengadilan Agama Kota Cirebon Achmad Cholil, S.Ag., S.H., LL.M., serta berbagai tokoh masyarakat, kepala SKPD, jajaran Forkopimda, dan para sultan dari keraton-keraton di Cirebon.


Pelantikan dimulai dengan pembukaan rapat paripurna oleh Ketua DPRD Kota Cirebon periode 2019-2024, Ruri Tri Lesmana. Dalam sambutannya, Ruri menekankan bahwa masih banyak aspirasi masyarakat yang belum terpenuhi. Dia berharap agar anggota dewan yang baru dapat lebih baik dalam memfasilitasi aspirasi masyarakat, sehingga kepercayaan publik terhadap lembaga legislatif semakin meningkat.


Prosesi pengambilan sumpah janji dipimpin oleh Kepala Pengadilan Agama Kota Cirebon, di mana 35 anggota dewan terpilih mengucapkan sumpah janji mereka dengan khidmat. Pengambilan sumpah ini diakhiri dengan penandatanganan secara simbolis oleh tiga perwakilan anggota dewan terpilih, yakni Andri Sulistio, SE, Andi Rianto Lie SE dan Ruly Tri Lesmana


Setelah prosesi pelantikan, dilakukan serah terima palu sidang dari Ketua DPRD lama kepada Ketua DPRD sementara, Andri Sulistio, SE dari Partai Golkar, dengan Hari Saputra Gani dari Partai Nasdem sebagai Wakil Ketua sementara. Serah terima ini menandai dimulainya tanggung jawab baru dalam memimpin DPRD Kota Cirebon.


Ketua sementara DPRD Kota Cirebon, Andri Sulistio, dalam sambutannya menyampaikan tekadnya untuk menjalankan fungsi pengawasan, legislasi, dan anggaran dengan baik. la mengajak Pemerintah Kota Cirebon untuk bersinergi dalam membangun dan mensejahterakan kota, serta memastikan bahwa kinerja DPRD Kota Cirebon lebih transparan, akuntabel, dan berorientasi pada kepentingan publik.


Kemudian di ujung acara Pj. Walikota Cirebon Agus Mulyadi MS.i, menyampaikan pesan dari Menteri Dalam Negeri, mengucapkan selamat kepada para anggota DPRD yang baru dilantik. la berharap mereka dapat menjalankan amanah rakyat dengan penuh dedikasi dan integritas. Agus Mulyadi juga menekankan pentingnya kolaborasi antara eksekutif dan legislatif dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan dan kesejahteraan masyarakat Kota Cirebon.


Acara diakhiri dengan sesi foto bersama anggota dewan terpilih dan keluarga mereka yang hadir, sebelum para anggota DPRD yang baru dilantik dihadapkan pada


tugas pertama mereka yakni pemilihan pimpinan DPRD untuk masa jabatan 2024- 2029. Pemilihan pimpinan ini akan menjadi agenda penting yang menentukan arah kebijakan dan dinamika politik di Kota Cirebon selama lima tahun ke depan.


Dengan dilantiknya 35 anggota DPRD Kota Cirebon masa bhakti 2024-2029, diharapkan mereka dapat membawa semangat baru dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat serta mendukung upaya pembangunan yang lebih merata dan berkeadilan di Kota Cirebon.


(Susyanto)

TerPopuler