Kapolres Banyuasin : Siap Memberikan Pelayanan Dalam Mencegah dan Mengatasi Potensi Karhutla


Kapolres Banyuasin : Siap Memberikan Pelayanan Dalam Mencegah dan Mengatasi Potensi Karhutla

Kamis, 01 Agustus 2024, Agustus 01, 2024


 Kapolres Banyuasin : Siap Memberikan Pelayanan Dalam Mencegah dan Mengatasi Potensi Karhutla

*BANYUASIN - Jejakkriminal.net Kapolres Banyuasin AKBP SH SIK MIK menghadiri kegiatan Apel gelar pasukan dan peralatan serta simulasi Kesiapsiagaan Personel dalam Penanggulangan Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan yang berlangsung di Lapangan Kantor Bupati Banyuasin* , Rabu (31/7).


Dalam giat tersebut juga dihadiri Pj Bupati Banyuasin Muhammad Farid S.STP MSi, BPBD Banyuasin, Dandim 0430/Banyuasin, Pengadilan Negeri Banyuasin, Komandan Zeni Konstruksi, Karana Jaya Langkan Banyuasin.


Juga hadir Kepala Kejaksaan Negeri Banyuasin, Kalaksa BPBD Provinsi Sumsel, Kepala Manggala Agni daerah Operasi Banyuasin, Kepala BMKG Provinsi Sumsel, dan Pejabat Utama (PJU) Polres Banyuasin serta Kapolsek jajaran Polres Banyuasin.


Pj Bupati Banyuasin Muhammad Farid S.STP MSi selaku pimpinan apel dalam amanatnya mengatakan, bahwa 

berdasarkan Inpres nomor 03 tahun 2020 tentang penanggulangan Karhutla bahwa yang dikedepankan adalah Pemerintah Kab/ Kota dibantu dari unsur TNI, Polri dan Unsur terkait lainnya.


Mengajak secara bersama-sama untuk menjaga karhutla, bersinergi antara Pemerintah kota beserta TNI - Polri dalam penanggulangan Karhutla. Dimana beberapa kali melaksanakan rapat koordinasi membahas tentang penanggulangan karhutla.


"Dengan apel ini mari kita bersinergi menjaga Kabupaten Banyuasin dari Karhutla sesuai dengan moto BPBD Pantang Pulang Sebelum Padam,"ujar Pj Bupati Banyuasin Muhammad Farid dalam sambutannya.


Terpisah, Kapolres Banyuasin AKBP Ruri Prastowo SH SIK MIK menegaskan, TNI Polri dan Pemkab Banyuasin dan stakeholder yang lain, siap memberikan pelayanan dalam mencegah dan mengatasi potensi bencana kebakaran hutan dan lahan di wilayah kabupaten Banyuasin.


Dikatakan AKBP Ruri, peringatan BMKG menjadi rujukan dalam melakukan penyikapan terhadap fenomena iklim dan cuaca. Apalagi dengan banyaknya kejadian serta luasnya area yang mengalami kerusakan akibat kebakaran hutan dan lahan pada tahun 2023.



Tentunya menjadi pengingat kepada semua pihak bahwa kebakaran hutan dan lahan merupakan salah satu bencana yang perlu disikapi secara serius dan sinergis, sehingga penanganannya dapat berjalan secara efektif,"ungkap mantan Wadir Ditlantas Polda Riau ini.


Ruri menyebut, dengan pembentukan Posko Penanganan Bencana Karhutla Banyuasin Tahun 2024 yang di dalamnya merupakan kolaborasi antara jajaran Pemkab Banyuasin, Kodim 0430/ Banyuasin.


"Kemudian, Polres Banyuasin, Kejari Banyuasin, Pengadilan Negeri Banyuasin, Pengadilan Agama Banyuasin, pihak swasta, aparat kecamatan, desa dan kelurahan serta stakeholder terkait lainnya,"terang Kapolres Ruri.


"Dengan kebersamaan yang solid ini kita semua berharap dampak kemarau tahun 2024 akan dapat ditekan seminimal mungkin dengan harapan wilayah Banyuasin zero hotspot,"tutup Kapolres Ruri.


Kegiatan apel gelar pasukan dalam rangka penanggulangan Karhutla di Lapangan Bupati Banyuasin selesai sekira pukul 08.30 WIB dan dilanjutkan kegiatan pemeriksaan/ pengecekan sarana dan prasarana peralatan penanggulangan karhutla oleh Forkopimda Kabupaten Banyuasin.( Agung )


TerPopuler