Berkat TMMD, Petani Desa Kubang Terbebas Dari Krisis Air


Berkat TMMD, Petani Desa Kubang Terbebas Dari Krisis Air

Kamis, 08 Agustus 2024, Agustus 08, 2024

Kabupaten Cirebon, jejakkriminal.net -

Berkat program itu, Warga Desa Kubang khususnya Petani kini bisa bernapas lega karena akhirnya terbebas dari masalah krisis air yang ada setiap musim kemarau. Kamis, 8 Agustus 2024.


Program pembangunan infrastruktur program TMMD ada pembangunan fisik dalam program TMMD.


Dandim 0620/Kabupaten Cirebon Letkol inf Aditya Wira Respati menyampaikan, "semua program itu dirasakan dan dimanfaatkan warga desa secara langsung. Salah satu program yang paling berdampak yaitu penyediaan sarana dan prasarana air berupa pipanisasi yang sekarang sudah mencapai 50 % air pun sudah mulai mengaliri sawah.


Selain penyediaan sarana dan prasarana untuk mengatasi krisis perairan sawah, pembangunan fisik lain dalam program TMMD, pengaspalan Hot Mix, pembuatan TPT yang hari ini telah mencapai 93%.


Dandim 0620/Kabupaten Cirebon Menambahkan,"Kemudahan Akses Produk Pertanian Pembangunan jalan usaha tani (JUT) dan jembatan itu akan berdampak pada kemudahan akses serta Kecepatan pengangkutan komoditas pertanian warga dari lahan pertanian kepasar 


Selama ini warga desa yang mayoritas mata pencahariannya sebagai petani kerap terkendala akses jalan untuk membawa hasil pertanian dari ladang atau kebun mereka.


Dia menambahkan program TMMD itu juga mulai membongkar lagi satu dari enam Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) milik Ibu Sulastri RT 05 RW 03, " ungkap Dandim 0620.


Kuwu Desa Kubang Wawan Karyawan menyampaikan, "tanpa bantuan dari berbagai pihak, terutama program TMMD, sulit bagi pemerintah desa mewujudkan pembangunan berskala besar secara langsung seperti ini," ujarnya.


Ia mengatakan, TMMD ke-121 KODIM 0620/Kabupaten Cirebon  itu bisa menjadi momentum untuk meningkatkan semangat kebersamaan dan gotong royong antara TNI dan masyarakat.


Program ini diharapkan bisa membantu pemerintah desa dalam pemerataan pembangunan sehingga berdampak pada pemerataan kesejahteraan warga. 


“Kami berterima kasih ke pada Dandim 0620/Kabupaten Cirebon Letkol inf Aditya Wira Respati, para prajurit, anggota Polri, pemerintah daerah dan masyarakat yang telah bahu membahu menyelesaikan TMMD ke-121 Desa Kubang ini,” kata Kuwu.


(M. Nasir. N.)

TerPopuler