Batik Kamuning, Batik Kebanggan Warga Kabupaten Kuningan Jabar


Batik Kamuning, Batik Kebanggan Warga Kabupaten Kuningan Jabar

Rabu, 28 Agustus 2024, Agustus 28, 2024

                                                   

Kuningan, jejakkriminal.net -

Kabupaten Kuningan Jawa Barat ternyata mempunyai batik ciri khas sendiri yaitu Batik Kamuning yang mempunyai 4 unsur dan mempunyai 8 motif mewakili ciri khas Kabupaten Kuningan Jabar yaitu Bokor, Kuda, Ikan Dewa, Gunung Ciremai, Rabu (28/8/2024).


Menurut Pj. Sekda Kuningan Dr. H. A Taufik Rochman untuk pembuatan Batik Kamuning secara masal akan dipercayakan ke beberapa UKM yang di tunjuk pemerintah.


"Untuk pembuatan Batik Kamuning tentunya alat serta tintanya dan pemasarannya serta teknis bimbingan cara pembuatannya dari kami pihak Pemkab Kuningan akan membantu sepenuhnya," demikian jelas PJ. Sekda Kuningan Dr. H. A Taufik yang didampingi Kadisdikbud Kuningan H.UU Kusmana S.Sos, MSi yang ditunjuk sebagai ketua Panitia Lounching Batik Kamuning Fashion Show yang akan diselenggarakan di sebuah hotel terkemuka di Kuningan


Sementara H. UU Kusmana S.Sos, MSi menjelaskan bahwa sejarah Batik Kamuning diawali dulunya pembuatan Batik ini di Paseban Cigugur dan pihak pemerintah Kabupaten Kuningan Jabar.


(Sopyan)

TerPopuler