A. Taufik Rohman Dilantik Jadi Pj Sekda Kuningan : Iip Hidajat Titipkan 7 Hal


A. Taufik Rohman Dilantik Jadi Pj Sekda Kuningan : Iip Hidajat Titipkan 7 Hal

Sabtu, 10 Agustus 2024, Agustus 10, 2024


Kuningan, jejakkriminal.net – 

Penjabat Bupati Kuningan, Dr. Drs. H. Raden Iip Hidajat, M.Pd melantik dan mengambil sumpah jabatan Dr. H. Asep Taufik Rohman, MSi., MPd sebagai Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Kuningan, pasca jabatan Sekretaris Daerah tersebut ditinggalkan oleh Dr. H. Dian Rachmat Yanuar, Msi karena mengambil cuti diluar tanggungan negara.


Prosesi pelantikan berlangsung di teras Pendopo Kuningan, Jumat (09/08/2024) serta disaksikan oleh Inspektur Kuningan, Plt Kepala BKPSDM Kuningan, para kepala perangkat daerah dan camat se-Kabupaten Kuningan.


Sebelumnya, Taufik Rohman yang menjabat sebagai Kepala BPKAD Kabupaten Kuningan telah diberi amanah sebagai Pelaksana Harian Sekretaris Daerah sejak awal Agustus 2024.


“Saya percaya bahwa saudara akan melaksanakan tugas ini dengan sebaik-baiknya, sesuai dengan tanggung jawab yang dibebankan kepada saudara sebagai Penjabat Sekretaris Daerah.” Demikian yang diucapkan oleh Pj Bupati Kuningan, setelah itu dilaksanakan kata-kata pelantikan, disaksikan oleh rohaniawan.


Dalam arahannya, Iip Hidajat menitipkan tujuh hal, tidak saja kepada Pj Sekda Kuningan tetapi juga kepada segenap pejabat Pemerintah Kabupaten Kuningan.


“Mutasi, rotasi, dan promosi adalah hal yang biasa dalam birokrasi di suatu pemerintahan. Sebagai tour of duty,  mutasi pejabat diharapkan dapat menambah wawasan, pengalaman, dan relasi di tempat yang lain. Karenanya, Pj sekda harus dapat langsung beradaptasi agar pergantian jabatan ini dapat berlangsung mulus dan tanpa hambatan” Kata Iip.


Selanjutnya Iip Hidajat menekankan betapa pentingnya integritas, profesionalisme dalam bekerja dan melayani sepenuh hati, terkhusus pelayanan langsung kepada masyarakat.


“Ketiga, selalu jalin koordinasi dengan perangkat daerah. Tekankan pentingnya komunikasi dalam bekerja dan selalu berkolaborasi dalam menyelesaikan setiap permasalahan. Tidak ada superman, yang ada adalah superteam,” ujar Iip tegas.


Dalam kesempatan tersebut, Iip meminta agar dapat segera melakukan langkah progresif dan inovatif untuk lebih menyehatkan dan menguatkan APBD kuningan untuk tahun 2024.


Iip Hidajat berharap, Pj Sekda yang baru dilantik dapat menjadi simbol dalam menjaga kekompakan, kebersamaan dan kekeluargaan di lingkungan ASN.


“Kita harus saling kuat dan menguatkan. Kendati terdapat perbedaan pandangan, maka sejatinya jangan jadikan perbedaan tersebut untuk merusak kekompakan dan kebersamaan yang sudah ada. Mari kita saling memperkuat kekompakan dan kebersamaan diantara kita,” Papar Iip.


Menjelang kontestasi pilkada, Iip menekankan agar netralitas ASN dapat semakin diperkuat dan ASN tidak terlibat dalam politik praktis.


“Hati-hati menjelang Pilkada November mendatang. ASN harus patuh pada peraturan yang berlaku terkait netralitas. Jangan terlibat politik praktis” Ujar Iip.


Terakhir, Iip meminta kepada semua yang hadir pada kesempatan tersebut, agar dapat saling mendoakan dan menyamakan langkah untuk kemajuan Kabupaten Kuningan.


“Pekerjaan kita tidak pernah usai, istirahat kita hanya boleh sejenak. Ayo terus perbaiki Kuningan ke arah yang lebih baik,” ujar Iip.


(M.Nasir.N.)

TerPopuler