Untuk Menjaga Utuhnya Kebhinekaan Koramil 02 Ipuh Menggandeng Berbagai Organisasi.


Untuk Menjaga Utuhnya Kebhinekaan Koramil 02 Ipuh Menggandeng Berbagai Organisasi.

Selasa, 09 Juli 2024, Juli 09, 2024

 


Mukomuko. FaktaNews. 24.com. TNI-Danramil 02 Ipuh Kodim 0428/Mukomuko, Kapten Inf.Afrian Suprianto, S.Ap memberikan materi tentang bersama merawat kebhinekaan mencegah intoleran Serta Wawasan Kebangsaan kepada Tokoh Tokoh Masyarakat, Pemuda dan Aparat Pemerintah Kecamatan Ipuh serta Kelompok Organisasi dan APDESI Kecamatan Ipuh, Selasa, (09/07).


Dalam kegiatan yang dilaksanakan di Koramil 02/ Ipuh ini juga dihadiri oleh Sekcam Ipuh, Kapolsek Ipuh, APDESI Kecamatan Ipuh, Dewan Pembina DPC MOI Kabupaten Mukomuko, Organisasi Pemuda Pancasila, Senkom, Pokdarwis Pantai Wisata Abrasi Ipuh dan Anggota PKK serta Tokoh Masyarakat Kecamatan Ipuh. 


Dandim 0428 / Mukomuko melalui Danramil 02 Ipuh,Kapten Inf. Afrian Suprianto, S.Ap mengatakan bahwa wawasan kebangsaan sangat penting dalam berbangsa dan bernegara. Hal ini menurut Danramil karena didalamnya mengamanatkan seluruh Bangsa agar menempatkan persatuan dan kesatuan, kepentingan serta keselamatan Bangsa di atas kepentingan pribadi dan golongan.


“Wawasan kebangsaan juga telah mengembangkan Indonesia sedemikian rupa sehingga Bhineka Tunggal Ika dipertahankan sampai sekarang,”tutur Danramil.


Lanjutnya, tujuan terselenggaranya kegiatan tersebut sebagai memfasilitasi komunikasi dua arah antara TNI dan Komponen Masyarakat, serta memberikan pemikiran yang bernilai dalam menghadapi tantangan yang dihadapi bangsa ini kedepannya 

serta meningkatkan kembali minat masyarakat terhadap pemaknaan nilai-nilai Pancasila.


“Sehingga diharapkan seluruh komponen masyarakat dapat menerapkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila di kehidupan sehari-hari guna menumbuhkan rasa Cinta Tanah Air, Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia,”ujarnya


Danramil juga menjelaskan, kita sebagai Warga negara Indonesia semua menjadi benteng negara dari komponen Utama, Komponen Cadangan dan Komponen Pendukung.


Disisi lain, Sekcam Ipuh, Buyung Andri,S.Sos memberikan apresiasi kepada rekan rekan TNI yang sudah memfasilitasi kegiatan silahturahmi bagi seluruh komponen masyarakat.


"Peran kita bersama dibutuhkan dalam menjaga keutuhan NKRI dan menghindari intoleran yang ada di lingkungan masyarakat,"ucap Buyung Andri.


Kapolsek Ipuh, IPTU M. Setya Yuli M, S. H yang hadir dalam kegiatan tersebut juga menyampaikan peran TNI Polri serta masyarakat tidak dapat terpisahkan demi mewujudkan Kamtibmas di masyarakat. Ditambah pemahaman tentang merawat kebhinekaan mencegah intoleran serta Wawasan Kebangsaan di masyarakat sangat dibutuhkan dalam penerapan dalam lini kehidupan berbangsa dan bernegara.


"Kami selalu ada bersama TNI dan Masyarakat demi mewujudkan Kamtibmas yang baik,"tutur Kapolsek Ipuh.


Diketahui dalam kegiatan tersebut Danramil 02 Ipuh juga memberikan cindera mata kepada organisasi kemasyarakatan dan kepemudaan di Kecamatan Ipuh. 

TerPopuler