DPKP Kabupaten Buol Gelar Bimtek Pendataan Perkebunan Kelapa Sawit Dana Bagi Hasil


DPKP Kabupaten Buol Gelar Bimtek Pendataan Perkebunan Kelapa Sawit Dana Bagi Hasil

Kamis, 18 Juli 2024, Juli 18, 2024

                                      

Buol, jejakkriminal.net -

Pemerintah Kabupaten Buol melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) dalam peningkatan kapasitas tim pendataan program Dana Bagi Hasil (DBH) kelapa sawit, yang dilaksanakan di Hotel Surya Wisata, Kelurahan Leok II, Kecamatan Biau, Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah, Rabu (17/07/2024).


Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Buol melalui Sekretaris Moh, Qasim, SP., M.Si diikuti oleh Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Pogogul Buol, kepala bidang perkebunan, Staf Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, peserta yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 216 orang terdiri dari aparat desa, penyuluh pertanian lapangan (PPL)/pendamping.


Kepala bidang perkebunan Nurhayati Mentemas menyampaikan, perkebunan merupakan salah satu subsektor dari kegiatan pertanian yang mempunyai peranan penting dan strategis dalam pembangunan tradisional, merupakan tujuan yang akan tercapai antara lain, meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat, meningkatkan sumber devisa negara menyediakan lapangan kerja dan kesepakatan usaha serta menjaga fungsi lingkungan hidup usaha yang berkelanjutan. 


"Pada saat ini, luasan perkebunan belum teridentifikasi secara persoalan atau by name by address, keberadaan lokasi belum teridentifikasi secara konferensid, menginput data kepemilikan kebun rakyat serta seluruh informasinya dan mewujudkan tata kelola perkebunan berkelanjutan," tandasnya.


Pendataan perkebunan berasal dari empat kecamatan, yaitu Kecamatan Bukal, Tiloan, Momunu dan Bokat, berjumlah 216 orang. Kegiatan ini dilaksanakan dua gelombang, pertama kecamatan Bukal, Bokat dan gelombang ke dua kecamatan Tiloan dan Momunu.


Sambutan Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Buol Sulawesi Tengah yang diwakili oleh sekretaris, Moh, Qasim. Menyampaikan merupakan sektor unggulan di Kabupaten Buol yang memiliki kontribusi signifikan terhadap perekonomian daerah. "Bimbingan teknis ini, bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi petugas pendataan kebun sawit secara efektif dan efisien, sektor perkebunan sawit selain komoditas unggulan di Kabupaten Buol juga merupakan salah satu sektor strategis yang memiliki kontribusi signifikan terhadap perekonomian daerah," tandasnya.


"Bimbingan teknis ini sangat penting dalam meningkatkan kapasitas berkompetensi pendata kebun sawit. Harapan sekretaris, peserta mengikuti setiap sesi dengan sungguh-sungguh dan taktik yang akan dilaksanakan nantinya dan mengikuti kegiatan ini dengan baik," tutupnya. 


(Ruli)


TerPopuler