Dandim Kulon Progo Pengecekan Penyiapan Lahan


Dandim Kulon Progo Pengecekan Penyiapan Lahan

Kamis, 25 Juli 2024, Juli 25, 2024


KULON PROGOJejakkriminal.net -  Komandan Kodim 0731/Kulon Progo Letkol Arh Viki Herwandi, S.Sos., melaksanakan pengecekan pengerjaan penyiapan lahan yang akan ditanami Bawang Merah di lokasi cetak sawah baru Padukuhan Brangkal, Kalurahan Banyuroto, Kapanewon Nanggulan. Kamis (25/07/2024).


Cetak sawah baru berkolaborasi dengan Koperasi Wanadelima, memanfaatkan tanah Kas Desa Kalurahan Banyuroto seluas 11 hektar yang sebelumnya ditanami tebu, 8 hektar akan ditanami Bawang Merah dan sisa lahan seluas 3 hektar akan digunakan untuk Agrowisata. Cetak sawah baru bertujuan untuk menambah luas lahan sawah di wilayah Kabupaten Kulon Progo yang semakin hari semakin berkurang dengan banyaknya pembangunan infrastruktur. Cetak sawah baru juga sebagai upaya mensukseskan program ketahanan pangan, dan harapannya dapat meningkatkan kesejahteraan warga masyarakat, pungkasnya.



Pekerjaan cetak sawah baru saat ini dalam tahap penyiapan lahan. Beberapa hari yang lalu telah dilakukan pembasahan lahan, penggemburan tanah menggunakan traktor, penaburan kompos dan pupuk untuk mengurangi kadar asam tanah, hari ini dimulai pemasangan plastik mulsa. Setelah pemasangan plastik mulsa selesai, selanjutnya akan dilakukan penanaman benih Bawang Merah. (Pendim0731).


Ihwan 

TerPopuler