Cegah DBD, Kepala Dusun Dampingi Pelaksanaan Fogging di Dusun Dermo


Cegah DBD, Kepala Dusun Dampingi Pelaksanaan Fogging di Dusun Dermo

Minggu, 28 Juli 2024, Juli 28, 2024

                               .                   

Lamongan, jejakkriminal.net -

Dalam upaya mencegah penyebaran penyakit Demam Berdarah (DBD), Dusun Dermo, Desa Dermo Lemahbang, Kecamatan Sarirejo, Kabupaten Lamongan melaksanakan kegiatan pengasapan atau fogging yang didampingi langsung oleh Kepala Dusun Muhammad Sa'i, S.Ag.


Kegiatan ini berlangsung pada hari Minggu, 28 juli 2024, dengan melibatkan seluruh perangkat desa dan warga setempat.(28/07/2024)


Pengasapan dimulai sejak pukul 8.00 WIB dengan menyasar rumah-rumah warga yang rawan sekali menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk Aedes.


Tim fogging yang terdiri dari petugas kesehatan dan RT setempat menyisir area pemukiman warga dan tempat-tempat umum seperti sekolah, dan fasilitas umum lainnya.




Muhammad Sa'i, S.Ag yang sempat di wawancarai awak media jejak kriminal, menyampaikan pentingnya kegiatan ini untuk menjaga kesehatan dan keselamatan warga desa. “Kami berharap dengan adanya kegiatan fogging ini, penyebaran nyamuk DBD bisa ditekan. Namun, yang lebih penting adalah kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan, seperti menguras dan menutup tempat penampungan air serta mendaur ulang barang bekas yang bisa menjadi sarang nyamuk,” ujar kepala Dusun Muhammad Sa'i, S.Ag.


Sebagai langkah awal pencegahan DBD, kegiatan tersebut mendapat respons positif dari warga dan berhasil menurunkan jumlah kasus DBD di dusun Dermo tersebut secara signifikan. Pengasapan ini merupakan tindak lanjut untuk memastikan lingkungan desa tetap bebas dari nyamuk DBD.


Selain pengasapan, Kepala Dusun juga mengingatkan warga untuk terus menerapkan 3M Plus (Menguras, Menutup, dan Mendaur ulang), serta menggunakan lotion anti nyamuk dan memasang kelambu di tempat tidur. Ia juga mengajak warga untuk selalu berkoordinasi dengan petugas kesehatan jika ditemukan kasus demam atau gejala DBD lainnya agar dapat segera ditangani.


Warga Dusun Dermo  menyambut baik kegiatan ini dan berterima kasih atas perhatian pemerintah desa terhadap kesehatan mereka. “Kami sangat terbantu dengan adanya fogging ini, semoga nyamuk DBD bisa berkurang dan kita semua bisa terhindar dari penyakit,” kata seorang warga, Buk Yanti pemilik warung kopi.


Kegiatan fogging ini diharapkan dapat rutin dilakukan terutama pada musim penghujan ketika populasi nyamuk meningkat. "Pemerintah desa juga berkomitmen untuk terus meningkatkan kesadaran dan partisipasi aktif warga dalam menjaga kebersihan lingkungan agar Dusun Dermo tetap sehat dan bersih," pungkas Kadus, Muhammad Sa'i, S.Ag.


(Iswanto)

TerPopuler