Berikan Motivasi, Babinsa Koramil 08/Ulubongka Dampingi Petani Jagung di Desa Binaan


Berikan Motivasi, Babinsa Koramil 08/Ulubongka Dampingi Petani Jagung di Desa Binaan

Rabu, 31 Juli 2024, Juli 31, 2024


POSO Jejakkriminal.net - Babinsa Koramil 08/Ulubongka Kodim 1307/Poso, Serka Husain mendampingi petani membersihkan rumput di lahan tanaman jagung dengan luas lahan 1 hektar milik salah seorang petani, ibu Sahida Pamuras di Desa Bonevoto, Kecamatan Ulubongka, Kabupaten Tojo Una Una, Rabu (31/07/2024).


Disela kegiatannya, Babinsa Serka Husain mengungkapkan, pihaknya sangat mengapresiasi petani yang semangat menanam jagung, sehingga perlu mendapat dukungan agar petani semakin semangat dalam meningkatkan perekonomiannya melalui tanaman jagung sebagai salah satu potensi yang ada di wilayahnya.


"Kami turut membantu petani dalam merawat tanamannya agar bisa tumbuh optimal dengan pengendalian gulma dan tanaman pengganggu jagung," ujarnya.


Kegiatan yang dilakukan Babinsa membantu petani mulai dari penyiapan lahan sampai dengan pembedengan tanah hingga membersihkan tunas dan rumput pada tanaman jagung dilaksanakan secara bersama-sama antara Babinsa dan masyarakat setempat.


Dikatakan, apabila gulma atau rumput liar terus dibiarkan akan berkembang biak, secara otomatis jagung yang sudah berumur kurang lebih 110 hari ditanam akan terganggu.


"Dengan monitoring yang kami lakukan untuk mengetahui perkembangan dan kesuburan tanaman serta mewaspadai penyebaran hama terhadap tanaman jagung,” tandasnya.


Sementara pemilik lahan tanaman jagung, ibu Sahida Pamuras menyampaikan terima kasih kepada Babinsa yang sudah ikut membantu penyiangan gulma pada tanaman jagung, sehingga menambah semangat dirinya dalam bertani jagung karena kehadiran Babinsa sangat membantu.


"Dengan bantuan Babinsa kerja kami menjadi ringan dan menyenangkan, karena Babinsa selain membantu langsung di kebunnya juga berprilaku menyenangkan penuh canda ria," tambahnya.


Ihwan 

TerPopuler