Anggota Kodim Kulon Progo Melanjutkan Penyiapan Lahan Cetak Sawah Baru


Anggota Kodim Kulon Progo Melanjutkan Penyiapan Lahan Cetak Sawah Baru

Senin, 22 Juli 2024, Juli 22, 2024


KULON PROGO Jejakkriminal.net - Anggota Kodim 0731/kulon Progo bersama warga melanjutkan pekerjaan cetak sawah baru yang berlokasi di Padukuhan Brangkal, Kalurahan Banyuroto, Kapanewon Nanggulan. Senin (22/07/2024).


Cetak sawah baru berkolaborasi dengan Koperasi Wanadelima, memanfaatkan tanah Kas Desa seluas 11 hektar yang sebelumnya ditanami tebu. 


Pasiter Kodim 0731/Kulon Progo Lettu Arm Sugiyarto menyampaikan bahwa, pekerjaan cetak sawah baru saat ini dalam tahap penyiapan lahan meliputi pembasahan lahan, penggemburan tanah menggunakan traktor, penaburan kompos dan pupuk untuk mengurangi kadar asam tanah.


Untuk tahap berikutnya akan segera dilakukan pemasangan mulsak pada lahan yang akan ditanami Bawang Merah di lahan seluas 8 hektar, dan sisa lahan seluas 3 hektar akan digunakan untuk Agrowisata, tambahnya. 


Cetak sawah baru dilaksanakan untuk menambah luas lahan sawah di wilayah Kabupaten Kulon Progo yang semakin hari semakin berkurang dengan banyaknya pembangunan infrastruktur. Cetak sawah baru juga sebagai upaya mensukseskan program ketahanan pangan, dan harapannya dapat meningkatkan kesejahteraan warga masyarakat, pungkasnya. (Pendim0731).


Ihwan 

TerPopuler