Youtuber Gorontalo, Fahmy Radjak Bersama Sang Istri Gelar Tradisi Molonthalo


Youtuber Gorontalo, Fahmy Radjak Bersama Sang Istri Gelar Tradisi Molonthalo

Jumat, 28 Juni 2024, Juni 28, 2024

Gorontalo, jejakkriminal.net - 

Masyarakat Gorontalo memiliki tradisi dalam menyambut kedatangan bayi ke dunia, yang disebut dengan istilah 'Molonthalo'. 


Seperti yang digelar oleh salah seorang Youtuber asal Gorontalo, Fahmy Radjak bersama istrinya, Maryam Nuku di Desa Tabumela, Kecamatan Tilango, Kabupaten Gorontalo pada Jumat (28/6/2024) dini hari.


Molonthalo merupakan upacara adat selamatan yang menandai tujuh bulan usia kehamilan atau yang disebut raba puru (usap perut).


Molonthalo atau raba puru bagi sang istri yang hamil tujuh bulan anak pertama merupakan pra acara adat dalam rangka peristiwa adat kelahiran dan keremajaan yang telah baku pada masyarakat Gorontalo dan juga diyakini sebagai sebuah upacara yang sakral atas dasar wujud pencarian keberkahan akan hadirnya anggota keluarga baru.

Bagi masyarakat Gorontalo, upacara ini harus dilaksanakan agar sang bayi lahir dengan selamat. Acara ini juga dimaksudkan untuk menanamkan nilai-nilai tauhid kepada sang bayi sedari dini, bahkan sebelum ia terlahir ke dunia.


Pada umumnya, Molonthalo akan diadakan pada usia kehamilan 7 sampai dengan 8 bulan. Dalam pelaksanaannya, biasanya masyarakat setempat akan berkumpul untuk mendokan bersama agar persalinan nantinya dimudahkan oleh Allah Subhanahu Wata'ala.


(Iswan)

TerPopuler