Tim PKM Dosen Poltekkes Kemenkes Jambi Laksanakan Pengabdian Masyarakat di SLBN Muaro Jambi


Tim PKM Dosen Poltekkes Kemenkes Jambi Laksanakan Pengabdian Masyarakat di SLBN Muaro Jambi

Rabu, 19 Juni 2024, Juni 19, 2024

Muaro Jambi, jejakkriminal.net -

Ketua Tim Pengabdian Masyarakat, dosen Poltekkes, Jambi Sukarsih, S.Si., T., M.Pd. dibantu Yesi Nurmawi, S.Km, M.Kes dan H. Asio, S.SiT., M.Kes (anggota),  Suhartono, S.ST serta 2 orang mahasiswa Jurusan Kesehatan Gigi Poltekkes Kemenkes Jambi, berdasarkan SK. Direktur Poltekkes Kemenkes Jambi Nomor: HK.02.04/1/3947/20 Tentang Penetapan Kegiatan Pengabadian Masyarakat Program Kemitraan Masyarakat Bagi Dosen Politeknik Kesehatan Kemenkes Jambi Tahun 2024 Tanggal 2 Agustus 2023.


Bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan cara menyikat gigi dan mulut yang benar secara mandiri melalui Program Kemitraan Masyarakat (PKM). Pelaksanaan pengabdian berlangsung di Aula SLBN Muaro Jambi pada hari Selasa, (11/06/2024) pukul 8.00 - 12.00 WIB, pada murid SLBN Muaro Jambi yang berjumlah 30 orang responden. Kegiatan PKM ini sebagai salah satu kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi di Poltekkes Kemenkes Jambi.


                                       


Kepala Sekolah SLBN Muaro Jambi, Umi Pujiastuti, S.Pd., M.Si. didampingi Dadang S.Pd., M.Pd. selaku Purna tugas menyambut dengan baik dan antusias pelaksanaan program pengabdian masyarakat dosen Poltekkes Kemenkes pada acara pembukaan pengabdian masyarakat dosen Poltekkes Kemenkes Jambi.


Tertib acara Pengabadian Masyarakat Program Kemitraan Masyarakat (PKM) sebagai berikut:

1. Penyuluhan oleh dosen dibantu mahasiswa jurusan Terapis Gigi dengan mengunakan media video cara menyikat gigi yang baik dan benar

2. Pengisian kuesioner sebelum dan sesudah penyuluhan

3. Sikat gigi bersama murid SLBN Muaro Jambi

4. Observasi


“Hasil dari PKM ini, diharapkan mitra mengetahui, memahami serta mampu mempraktikan cara menyikat gigi yang baik dan benar secara mandiri, yang akan berdampak terhadap perubahan perilaku murid SLBN Muaro Jambi dalam memelihara kesehatan gigi dan mulut, sehingga berdampak pula terhadap penurunan masalah kesehatan gigi dan mulut di Kabupaten Muaro Jambi.” Tegas Ketua Tim Dosen (PKM) Sukarsih, S.Si., T., M.Pd.


Kepala SLBN Kabupaten Muaro Jambi beserta para guru mengucapkan banyak terima kasih kepada Tim PKM Dosen Jurusan Kesehatan Gigi Poltekkes Kemenkes Jambi atas informasi dan transfer ilmu tentang kesehatan gigi dan mulut kepada murid berkebutuhan khusus.


(Asio)

TerPopuler