Penyembelihan Hewan Kurban di Masjid Bustanul Abidin Desa Dermo Lemahbang


Penyembelihan Hewan Kurban di Masjid Bustanul Abidin Desa Dermo Lemahbang

Rabu, 19 Juni 2024, Juni 19, 2024


Lamongan, jejakkriminal.net -

Pada hari ini Senin, (17/6/2024) dilaksanakan penyembelihan hewan kurban di halaman Masjid Bustanul Abidin, Dusun Dermo, Desa Dermo Lemahbang, Kecamatan Sarirejo, Kabupaten Lamongan.


 Turut hadir Kepala Dusun, Bapak Sa’i, S.Ag memantau pelaksanaan penyembelihan hewan kurban.


Penyembelihan hewan kurban yang dilaksanakan di Masjid Bustanul Abidin terdiri dari 3 ekor sapi dan 30 ekor kambing, penyembelihan ini senantiasa dilaksanakan oleh masyarakat khususnya setiap Hari Raya Idul Adha.

                                       

“Hewan kurban yang dikurbankan ada yang dari perorangan, ada juga yang dari patungan sapi yang dikumpulkan oleh masyarakat, mereka memang mempunyai kelompok yang setiap tahunnya mengeluarkan 2 ekor sapi untuk dikurbankan, sedangkan kalau kambing itu biasanya dari perseorangan. Untuk dagingnya para panitia kurban membagikannya secara merata, khususnya masyarakat dan warga Dusun Dermo.” Jelas Kepala Dusun Sa’i, S.Ag kepada awak media.


“Sebanyak 360 Kepala Keluarga (KK) dibagi semua, dengan demikian kita dapat mengambil hikmahnya bahwa dengan berkurban, kita dapat berbagi dan dengan berbagii kita dapat mempererat tali silaturahmi, karena dengan berkurban kita juga sudah melaksanakan suatu ibadah yang mana itu juga merupakan dari wujud tanda syukur kita sebagai makhluk terhadap Khaliknya," imbuh Kepala Dusun sambil tersenyum.

                                       

Meskipun dirayakan setiap tahun, Idul Adha selalu memberikan makna mendalam bagi umat muslim. Ada kisah ketaatan Nabi Ibrahim a.s dan Nabi Ismail a.s yang bisa dijadikan suri tauladan dibalik perayaan Idul Adha.


Idul Adha mengajarkan nilai-nilai pengorbanan, keikhlasan, kesabaran, ketaatan, dan nilai berbagi sekaligus. Terdapat perintah untuk menyembelih hewan kurban dan melaksanakan ibadah haji yang wajib dilaksanakan bagi anda yang memiliki kemampuan dari segi finansial maupun fisik." Pungkas Bapak Kepala Dusun Sa’I, S.Ag.


(Iswanto) 

TerPopuler