Penyaluran Dana Desa Tahap Kedua, Ditargetkan Rampung pada Bulan Juli 2024


Penyaluran Dana Desa Tahap Kedua, Ditargetkan Rampung pada Bulan Juli 2024

Senin, 10 Juni 2024, Juni 10, 2024

Mukomuko, jejakkriminal.online -

Pemerintah Kabupaten Mukomuko melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) mencatat dari 148 desa, sebanyak 42 desa telah memasukan pencairan dana desa tahap kedua.

Adapun pihaknya menargetkan penyaluran DD tahap 2 ini untuk semua desa yang ada didaerah itu tuntas pada bulan Juli 2024 mendatang.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Mukomuko, Ujang Selamat, S.Pd, mengatakan bahwasannya 42 desa tersebut sudah mengajukan DD tahap 2 dan sebagian desa untuk berkas pengajuan sudah di verifikasi oleh pihaknya dan sudah terproses di Badan Keuangan Daerah (BKD) Mukomuko.

“Memang sudah jadwalnya memasuki pengajuan DD tahap 2, adapun juga salah satu persyaratan pengajuan tahap kedua ini minimal realisasi atau capain dana desa tahap pertama minimal 60 persen,” katanya.

Dilanjutkan Ujang, untuk desa yang belum mengajukan DD tahap 2 agar secepatnya melakukan pengajuan dan juga pihak Kecamatan bisa lebih mendorong Pemerintah Desa untuk segera mengajukan DD tahap 2.

“Kami minta kepada desa-desa didaerah ini untuk segera mempercepat pengajuan DD tahap 2,” jelasnya.

Adapun tujuan mempercepat pengajuan DD tahap 2 ini agar tidak terburu-buru dalam merealisasikan dana desa tahap kedua nantinya.

Kemudian juga, untuk pembangunan fisik agar tidak terkesan asal jadi, yang mana mengutamakan kualitas pembangunan yang dikejar waktu.

“Kalau desa cepat mengajukan DD ini, tentu pihak mereka bisa lebih leluasa dalam melaksanakan pembangunan fisik,” pungkasnya.

(Riki)

TerPopuler