Peningkatan Ruas Jalan Air Terang Momunu Diduga Tak Berkualitas


Peningkatan Ruas Jalan Air Terang Momunu Diduga Tak Berkualitas

Senin, 24 Juni 2024, Juni 24, 2024

 

Buol, jejakkriminal.net -

Peningkatan jalan Momunu Air Terang Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah diduga dikerjakan asal-asalan, sehingga terlihat dari jalan aspal yang belum mencukupi setahun sudah mengalami keretakan dan pecah-pecah, bahkan ada sebagian yang berlubang dan itu terjadi di beberapa titik di setiap jalan.

 

Dana proyek ini bersumber dari APBD Tahun 2023. Dari pantauan awak media di lapangan, banyak ruas jalan yang retak dan berlubang di beberapa titik di wilayah Momunu, (22/6/2024).

 

Ketika dikonfirmasi awak media terkait pekerjaan peningkatan jalan Momunu Air Terang, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) atau Pejabat Dinas PU Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Sulawesi Tengah, Meidy Sumual ST melalui via Whatsapp mengatakan, selamat sore, akan saya konfirmasi dengan pihak kontraktor, terima kasih atas infomasi ini, penyedia jasa PT Wahana Cipta Lestari.” Balasnya.

 


Diduga bahwa penyebab kerusakan terjadi akibat berkurangnya daya lengket binder aspal, maka butiran-butiran batuan terlepas, permukaan jalan kasar, hilangnya daya lengket aspal manual ageing, teroksidasi hangus waktu campur di amp atau diakibatkan jenis aspal yang miskin resin atau kekurangan malten atau juga pemadatan lapisan mengurang.

 

Hal-hal terkait jalan, diatur dalam Undang-undang Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan dan Peraturan Pemerintah Nomor 34 Tahun 2006 tentang Jalan serta Permen PU Nomor 13 Tahun 2011 Pasal 1.15 yang menjelaskan bahwa “pemeliharaan berkala jalan/rehabilitasi jalan merupakan kegiatan pencegahan terjadinya kerusakan yang lebih luas dan setiap kerusakan yang diperhitungkan dalam desain agar penurunan kondisi jalan dapat dikembalikan pada kondisi kemantapan sesuai dengan rencana”.

 

(Rd)

TerPopuler