Pasaman Cerdas, Sabar AS Apresiasi Hasil Karya Siswa SDN 23 Talago


Pasaman Cerdas, Sabar AS Apresiasi Hasil Karya Siswa SDN 23 Talago

Sabtu, 08 Juni 2024, Juni 08, 2024

Pasaman, jejakkriminal.online -

Peduli terhadap kemajuan pendidikan di Kabupaten Pasaman, Bupati Pasaman, Sabar AS hadiri Panen Karya dan Pelepasan siswa kelas VI SDN 23 Talago Kecamatan Lubuk Sikaping, Sabtu (8/6/2024). 

Kegiatan Panen Karya yang dilaksanakan tersebut merupakan salah satu kegiatan ekstakurikuler siswa SDN 23 Talago yang bertujuan untuk membentuk karakter siswa untuk terus berkarya, sekaligus untuk mengasah keterampilan siswa. "Hal ini merupakan salah satu langkah untuk meningkatkan kreatifitas siswa, agar dewasa nanti dapat menjadi generasi yang terampil", ujar Kepala Sekolah SDN 23 Talago, Sinofri, saat menyampaikan laporannya pada kegiatan tersebut.

"SDN 23 Talago, melaksanakan Kegiatan Panen Karya yang merupakan kegiatan untuk merealisasikan kegiatan P5 atau Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di sekolah. SDN 23 Talago mengambil tema Gaya Hidup Berkelanjutan dengan kriteria kegiatan pemeliharaan sampah dan pengolahan sampah menjadi barang yang berguna," tambahnya.

Ia juga menjelaskan bahwa Kegiatan Panen Karya merupakan muara dari kegiatan P5 yang dilakukan di sekolah, kegiatan tersebut memamerkan hasil karya barang bekas yang diolah sebaik mungkin dan seindah mungkin oleh siswa sehingga menghasilkan nilai ekonomis yang nantinya bisa menjadikan kegiatan edukasi bagi siswa. 

Selain itu kegiatan yang dilaksanakan adalah Market Day atau pameran makanan tradisional yang dibuat oleh siswa dengan berkolaborasi bersama orang tua. Makanan tersebut dijual juga di sekolah sehingga mendidik anak-anak untuk literasi secara finansial. 

SDN 23 Talago juga menampilkan kreativitas siswa berupa tari-tarian, puisi berbahasa Inggris, dan drama musikal. Keterlibatan orang tua pada sekolah ditunjukkan dengan penampilan rebana dari grup rebana komite sekolah, terang Sinofri.

Ia juga mengatakan bahwa jumlah siswa yang tamat dari sekolah tersebut sebanyak 19 orang.

Sementara itu, Bupati Pasaman, Sabar AS yang didampingi Kabag Kesra, Camat Lubuksikaping dalam arahannya mengatakan, "kita atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten sangat apresiasi terhadap kegiatan yang diselenggarakan oleh SDN 23 Talago. Hal ini merupakan salah satu langkah pendididikan yang dilaksanakan Pemerintah Daerah untuk meningkatkan kreatifitas anak-anak terutama siswa. Selain itu, kegiatan ini merupakan contoh wujud dari salah satu program prioritas Pemerintah Daerah yaitu Pasaman Cerdas", jelasnya.

"Kita berharap, kegiatan yang serupa bisa diikuti oleh sekolah-sekolah lain yang ada di Kabupaten Pasaman, karena hal ini merupakan sebuah inovasi untuk membentuk watak yang cerdas, meningkatkan kreatifitas siswa dan membentuk siswa yang mempunyai daya saing yang tinggi," pungkasnya.

Demikian juga halnya dengan siswa yang menamatkan jenjang pendidikan di sekolah ini, agar nantinya bisa belajar lebih giat, karena persaingan didunia pendidikan semakin ketat, dan para siswa tamatan sekolah ini khususnya bisa menjadi orang yang suskses dan bisa membawa nama baik sekolah, tutup Sabar AS.

(Joni Satri)

TerPopuler