Pangdam XIII/Merdeka Kunjungi Kodim 1307/Poso Disambut Tarian Adat Pamona Pekasiwia


Pangdam XIII/Merdeka Kunjungi Kodim 1307/Poso Disambut Tarian Adat Pamona Pekasiwia

Jumat, 07 Juni 2024, Juni 07, 2024


Kodim Poso Jejakkriminal.online - Pangdam XIII/Merdeka, Mayjen TNI Candra Wijaya, M.A. Bersama Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah XIII/Mdk, Ibu Fenti Candra melaksanakan kunjungan kerja (Kunker) di Makodim 1307/Poso. Kamis (06/6/2024).


Kedatangan Pangdam XIII/Merdeka, Mayjen TNI Candra Wijaya, M.A. Bersama Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah XIII/Mdk, Ibu Fenti Candra di Makodim 1307/Poso di dampingi Danrem 132/Tdl, Brigjen TNI Dody Triwinarto, S.IP.,M.Han. beserta ibu, Aster Kasdam XIII/Mdk, Kolonel Arm Sumanto, S.Sos.,M.M. beserta ibu, dan disambut Dandim 1307/Poso, Letkol Inf Hasroel Tamin, S.H.,M.Hub.Int. dan Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXI Dim 1307/Poso dr. Cinthya Ayu Hasroel dilanjutkan pengalungan bunga dan tarian Pekasiwia.


"Pekasiwia" adalah sebuah upacara adat Poso-Tojo, sebagai bentuk penghormatan kepada tamu penting yang baru pertama kali datang ke wilayah Kabupaten Poso, yang didasarkan pada filosofi bahwa tamu adalah sanak keluarga penting yang perlu dihormati dan dihargai. Setelah proses Pekasiwia selesai dilakukan, berarti secara resmi rakyat dan Pemerintah Kabupaten Poso telah menerima tamu tersebut menjadi warga Kabupaten Poso.


Selain pengalungan bunga dan tarian Pekasiwia, Pangdam XIII/Merdeka, Mayjen TNI Candra Wijaya juga menerima laporan resmi dari Dandim 1307/Poso, Letkol Inf Hasroel Tamin, S.H.,M.Hub.Int. dilanjutkan Laporan Pos Jaga Kesatriaan dan Jajar Kehormatan.


Dalam kunjungannya tersebut, Pangdam XIII/Merdeka juga meresmikan studio podcast Kodim 1307/Poso sebagai sarana pusat informasi dan fasilitasi kebutuhan publik terhadap informasi dan penandatangan prasasti tanda diresmikannya gerbang dan pagar kodim yang sudah selesai dibangun serta meresmikan kantor unit intel sebagai upaya satuan untuk meningkatkan kinerja dan efektivitas intelijen di wilayah Kodim 1307/Poso.


Setelah Peresmian dan penandatanganan prasasti,Pangdam beserta Ibu ketua juga memberikan tanda kesan dan pesan sebagai wujud rasa terimakasih dan kebanggaan terhadap kinerja satuan Kodim 1307/Poso dan jajarannya. (Pendim_1307)


Ihwan

TerPopuler