Jelang Pilkada, Maesyal Rasyid Diprediksi Kuasai 5.448 TPS Zona Hijau di Kabupaten Tangerang


Jelang Pilkada, Maesyal Rasyid Diprediksi Kuasai 5.448 TPS Zona Hijau di Kabupaten Tangerang

Sabtu, 22 Juni 2024, Juni 22, 2024

Tangerang, jejakkriminal.net -

Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada November 2024, sejumlah nama muncul untuk memimpin wilayah Kabupaten Tangerang.


Mulai dari Mantan Wakil Bupati Tangerang periode 2019-2024 Mad Romli, Intan Nurul Hikmah, hingga Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang Moch Maesyal Rasyid.


Menyikapi hal itu, lembaga riset dan konsultan politik berbasis teknologi big data, PatraData merilis hasil simulasi kekuatan mesin politik di Kabupaten Tangerang.


Hasilnya, teknologi Algoritma Machine Learning dan Big Data Analytics menunjukan Maesyal Rasyid mampu mengungguli Mad Romli untuk menjadi Calon Bupati Tangerang periode 2024-2029.


Direktur Riset dan Pendampingan PratraData, Hasmin Aries Pratama mengatakan, analitik dan simulasi ini dilakukan menggunakan data historis Pilkada dan Pemilu 2024 lalu.


"Selain itu, PatraData juga memanfaatkan teknologi pemetaan geospasial untuk memahami distribusi dukungan di berbagai wilayah Kabupaten Tangerang," ujar Hasmin kepada awak media, Jumat (21/6/2024).


Apabila dalam Pilkada mendatang koalisi Demokrat, PAN, PKS, Gerindra dan PKB sepakat mengusung Maesyal Rasyid, sebanyak 5.448 TPS diperkirakan mampu mendominasi dan menjadi zona hijau yang merupakan basis kuat untuk mendukung.


Kemudian terdapat 1.772 TPS berada di zona kuning yang kompetitif dan 1.796 TPS di zona merah yang dikuasai lawan.


Sementara untuk Mad Romli yang diusung oleh Golkar dan PPP, diproyeksikan akan mengontrol 3.890 TPS di zona hijau, bersaing di 2,395 TPS di zona kuning, dan menghadapi dominasi lawan di 2.731 TPS di zona merah.


"Simulasi yang dilakukan oleh PatraData tersebut menunjukkan dominasi Maesyal Rasyid di mayoritas TPS di Kabupaten Tangerang," kata dia.


"Penguasaan di 5.448 TPS ini menunjukkan bahwa dengan dukungan koalisi Demokrat, PAN, PKS, Gerindra dan PKB Maesyal Rasyid sangat kuat di berbagai wilayah strategis Kabupaten Tangerang," pungkasnya.



Teknologi pemetaan geospasial yang digunakan oleh PatraData tersebut memberikan gambaran rinci mengenai persebaran dukungan di berbagai wilayah, memungkinkan strategi kandidat lebih terarah dan efektif. 


Dengan dominasi yang kuat di zona hijau, koalisi yang mengusung Maesyal Rasyid memiliki modal yang signifikan untuk memenangkan Pilkada Kabupaten Tangerang 2024.


"Analisis ini menunjukkan bahwa Maesyal Rasyid memiliki peluang besar untuk memenangkan Pilkada jika strategi kampanye yang tepat diterapkan, terutama dengan dukungan kuat dari koalisi partai yang solid," tuturnya.


"Namun demikian, perlu menjadi perhatian khusus juga agar tetap harus memberikan pada zona kuning dan merah untuk memaksimalkan hasil pemilu," sambungnya.


Dengan simulasi berbasis teknologi tersebut diharapkan, dapat membantu masyarakat secara luas dalam memahami dinamika pemilih secara lebih baik lagi.


"PatraData memberikan pandangan yang komprehensif mengenai peta kekuatan politik di Kabupaten Tangerang di Pilakda 2024 mendatang," ucapnya.


"Semoga para pengamat politik dan tim kampanye untuk memahami dinamika pemilih dengan lebih baik," jelas Hasmin Aries Pratama.


(bgs)

TerPopuler