Dukungan Perluasan Areal Tanam,Pemkab Labuhanbatu Serahkan Alsintan Dari Kementerian Pertanian


Dukungan Perluasan Areal Tanam,Pemkab Labuhanbatu Serahkan Alsintan Dari Kementerian Pertanian

Selasa, 04 Juni 2024, Juni 04, 2024

Labuhanbatu,Jejak Kriminal.Online-Dukungan penuh diberikan Pemkab Labuhanbatu berkolaborasi dengan Kodim 0209/LB terhadap Kelompok Tani dan Gabungan Kelompok Tani untuk memperluas areal taman dalam rangka upaya khusus antisipasi darurat pangan di Kabupaten Labuhanbatu.



Dukungan itu berupa pemberian bantuan alat mesin pertanian(Alsintan)dari Kementerian Pertanian yang diserahkan Pemkab Labuhanbatu kepada Gapoktan/Poktan di Lapangan Makodim 0209/LB,Jalan Pramuka,Rantauprapat-Kecamatan Rantau Utara,Kabupaten Labuhanbatu-Sumatera Utara,Selasa(4/6/2024).


"Semoga dapat meningkatkan produksi dan produktivitas pertanian serta meningkatkan indeks pertanian,"ucap Plt.Bupati Kabupaten Labuhanbatu Hj.Ellya Rossa Siregar,SPd.MM,usai menyerahkan Alsintan tersebut.


"Bila selama ini hanya mampu panen satu sampai dua tahun sekali,maka dengan di berikannya hand traktor(traktor tangan)dan pompanisasi ini dapat meningkatkan panen menjadi tiga kali dalam satu tahun,"ujar Plt.Bupati Hj.Ellya Rossa Siregar,SPd.MM.



Kepada Gapoktan dan Poktan penerima bantuan Plt.Bupati Hj.Ellya Rossa Siregar,SPd.MM,berharap kiranya apa yang didapatkan hari ini dapat dijaga dan dirawat keutuhannya,sehingga tujuan dari kegiatan ini dapat terwujud.


Selain itu,"iringilah penggunaan teknologi mesin ini dengan perawatan lahan pertanian,seperti penggunaan pupuk dan sebagainya,agar ketahanan pangan di Kabupaten Labuhanbatu dapat terjaga,"pungkas Plt.Bupati Hj.Ellya Rossa Siregar,SPd.MM.


Letkol Inf.Yudi Ardiyan Saputro selaku Dandim 0209/LB pada kesempatan itu,mengatakan kegiatan ini adalah kegiatan lanjutan yang sebelumnya telah dilaksanakan optimasi lahan di desa Meranti Paham,Sie Rakyat,Sungai Rakyat dan Sei Plancang,yang sampai sekarang ini masih berjalan.


"Perintah ini turun karena pimpinan,yang mana beliau mengatakan saat ini kita dalam darurat pangan,"ujar Letkol Inf.Yudi Ardian Saputro.


Menurutnya,Alat yang diserahkan hari ini merupakan pemberian,bukan hadiah,dan itu yang harus dipertanggungjawabkan oleh penerima,dengan harapan memberikan kesejahteraan kepada petani,yang awal mulanya IP 2 menjadi IP 3.


"Jika itu terlaksana,Otomatis kesejahteraan Koptan terbantu dan darurat pangan akan terkikis jika kita bisa bekerjasama,"ucap Letkol Inf.Yudi Ardian Saputro.


Dijelaskannya,Semua ini tidak terlepas dari upaya kerja pemerintah daerah,meskipun TNI yang bekerja,inilah bukti TNI berkolaborasi dengan Pemerintah untuk kesejahteraan petani di masyarakat Labuhanbatu.


"Kepada Gapoktan maupun Poktan kiranya hal ini bisa dimaksimalkan dan di pertanggung jawabkan sehingga bisa mengenai sasaran kesejahteraan petani,dan darurat pangan bisa kita hadapi bersama,"pungkas Letkol Inf.Yudi Ardian Saputro.


Sementara Ketua Kelompok Tani Desa Sei Rakyat,Suyanto,menyampaikan dengan adanya bantuan ini kiranya para petani dapat meningkatkan produksi pertanian khususnya pertanian padi di Labuhanbatu.


"Semoga nantinya kami mampu meningkatkan indeks pertanian yang sebelumnya dua kali setahun menjadi tiga kali setahun,"ujar Suyanto.



Penyerahan Alsintan tersebut disaksikan oleh Para Kepala OPD Kabupaten Labuhanbatu,Perwira Babinsa dan Staf,Koramil jajaran dan Kelompok Tani sebagai penerima manfaat.



(Rani Ayu Ningsih/TIM)

TerPopuler