Diduga IJD Momunu Kali Tahun 2023 Dibuat Asal Jadi


Diduga IJD Momunu Kali Tahun 2023 Dibuat Asal Jadi

Rabu, 26 Juni 2024, Juni 26, 2024


Buol, jejakkriminal.net -

Inpres Jalan Daerah (IJD) 2023 Jalan Momunu Kali, Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah diduga dikerjakan asal jadi, sehingga terlihat dari jalan aspal yang belum mencukupi setahun sudah mengalami keretakan dan pecah-pecah bahkan ada sebagian berlubang dan itu terjadi di beberapa titik di setiap jalan menuju kampung. 


Proyek ini dengan nomor kontrak HK.0201-Bb14.5.1/305. Didanai bersumber dari anggaran APBN Tahun 2023. 


Pantau awak media di lapangan tanggal 22/6/2024, pengaspalan dalam pelaksanaan atau penyedia jasa CV. Sedayu Berkat Konstruksi dan Konsultan Pengawas PT. Yodya Karya  (Persero) KSO PT. Parentjana Djaja PT. Jakarta rencana selaras, dengan pagu anggaran Rp. 13.583.762.000.


Ketika dikonfirmasi Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 1.1 Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) melalui via wa dengan nomor 08233356xxxxx terkait dengan pekerjaan peningkatan Jalan Momunu Kali yang dikerjakan asal jadi, terkirim tapi tak dibalas sehingga pemberitaan ini naik. 


Diduga kerusakan diakibatkan oleh berkurangnya daya lengket binder aspal, maka butir butiran-butiran batuan terlepas, permukaan jalan kasar, hilangnya daya lengket aspal manual ageing, teroksidasi hangus waktu campur di amp atau diakibatkan jenis aspal yang miskin resin atau kekurangan malten atau pemadatan lapisan mengurang, ataupun lapisan LPB dan LPA.


Anto, seorang pengendara motor  mengatakan kepada media, "pekerjaan ini belum lama dikerjakan sudah banyak kerusakan seperti jalan banyak retakan, berlubang dan butiran kelikir sehingga menganggu lalu lintas di jalan," tandasnya. 


(Rulianto)

TerPopuler