Budaya Gotong Royong Masyarakat Desa Kembiritan Banyuwangi Terlihat Saat Proses Penyembelihan Hewan Kurban


Budaya Gotong Royong Masyarakat Desa Kembiritan Banyuwangi Terlihat Saat Proses Penyembelihan Hewan Kurban

Rabu, 19 Juni 2024, Juni 19, 2024

 


Banyuwangi, jejakkriminal.net -

Sambut Hari Raya Idul Adha 1445 H, penyembelihan hewan kurban pererat budaya gotong royong dan rasa kebersamaan antar warga Dusun Temurjo  RT 1 RW 1, Desa Kembiritan, Kecamatan Genteng, Banyuwangi, Jawa Timur. Senin, (17/6/2024).


Seperti halnya kekompakan, Takmir Mushola Alhidayah bersama warga melaksanakan proses penyembelihan serta pembagian daging kurban.


Salah satu panitia pelaksanaan hewan kurban Mushola Alhidayah, Mulyadi, menyampaikan bahwa bukan hanya dalam proses penyembelihan dan pembagian daging hewan kurban, namun masyarakat sudah terbiasa dalam bergotong royong terkait masalah keagamaan.


“Terlihat Kekompakan yang ditunjukkan oleh warga Dusun Temurjo RT 1 RW 1 ,mulai dari persiapan, penyembelihan, pembersihan daging, hingga pembagian yang dilakukan oleh warga,” jelas Mulyadi.

                                       

Mulyadi juga menyampaikan, tampak suasana keakraban dan silaturahmi yang kuat antar warga, terlihat canda tawa saat bekerja.


“Terlihat canda tawa saat bekerja sama antar warga Dusun Temurjo dan Takmir Mushola Alhidayah. Sangat bangga dan menyenangkan melihat suasana keakraban dan budaya gotong royong itu masih kuat, karena dalam menyabut Hari Raya Idul Adha,” tutup Mulyadi.


Edy Cahyono, salah satu warga penerima daging kurban, mengapresiasi acungan jempol terhadap warga serta Kepengurusan Takmir Mushola Alhidayah yang selalu melaksanakan penyembelihan daging korban pada Hari Raya Idul Adha.


Di tempat terpisah, Mita Panca Rahayu selaku pengurus Mushola Alhidayah, memaparkan pada awak media. “Mushola kami pada lebaran tahun ini, menyembelih dua sapi serta dua kambing.yang nantinya akan dibagikan oleh panitia kepada 220 kepala keluarga sekitar Mushola Alhidayah.” Tutur Mita.


Ia pun berharap pada lebaran tahun depan, ingin ikut serta menitipkan hewan kurban pada panitia yang ada di Mushola Alhidayah.


(Singgih)

TerPopuler