Banjir Bandang Terjang Permukiman Warga Desa Tabumela Dusun 4


Banjir Bandang Terjang Permukiman Warga Desa Tabumela Dusun 4

Sabtu, 29 Juni 2024, Juni 29, 2024

Gorontalo, jejakkriminal.net - 

Desa Tabumela Dusun 4, terendam banjir setelah hujan deras berturut turut mengguyur sejak Rabu (26/6/2024) hingga Jumat (28/6/2024) malam.


Berdasarkan informasi yang dihimpun, ada puluhan rumah yang terendam, rumah warga yang terendam tersebut di akibatkan oleh air dari Danau Limboto meluap, danau yang tidak mampu membendung debit air hujan mengakibatkan air masuk ke permukiman warga yang tinggal di sekitar pinggiran Danau Limboto, Desa Tabumela, Dusun 4, Kecamatan Tilango, Kabupaten Gorontalo.

Luapan air mengalir deras menuju permukiman dengan ketinggian beragam. Menurut keterangan warga, Hengki Muharram, air sudah masuk sejak Rabu (26/6/2024) dengan ketinggian masih dibawah telapak kaki, sekarang Sabtu (29/6/2024) airnya malah bertambah dan sudah mencapai pinggang orang dewasa," ungkapnya.


Pantauan di lapangan, hingga saat ini belum ada warga yang mengungsi dari lokasi banjir. Warga lebih memilih tetap tinggal dirumah mereka. Sementara itu, belum tampak pula bantuan dari pemerintah setempat untuk menyurutkan genangan air tersebut.

                                                                  

Dengan begitu, Hengki berharap, pemerintah setempat bisa dengan cepat melakukan peninjauan ke rumah warga dan menyalurkan bantuan kepada warga yang terdampak banjir.


"Semoga hal ini ada perhatian dari pemerintah melakukan peninjauan dan menyalurkan bantuan bagi warga yang terdampak banjir," imbuhnya.


Berdasarkan laporan terkini, Sabtu (29/6/2024) kondisi banjir saat ini belum surut, genangan setinggi pinggang orang dewasa masih merendam permukiman warga dusun 4 tersebut.


Warga berharap agar Pemerintah Daerah dengan segera mungkin dapat melanjutkan infrastruktur dan sistem tanggul penahan air danau yang masih sementara dikerjakan agar banjir tidak lagi meluap di permukiman, sehingga aktivitas warga tidak terganggu lagi.


(Iswan)

TerPopuler