Ratusan Kades Dan Perangkat Desa Di Ogan Ilir Merana Karena ADD Belum Cair Selama 5 Bulan


Ratusan Kades Dan Perangkat Desa Di Ogan Ilir Merana Karena ADD Belum Cair Selama 5 Bulan

Jumat, 03 Mei 2024, Mei 03, 2024


 Ratusan Kades Dan Perangkat Desa Di Ogan Ilir Merana Karena ADD Belum Cair Selama 5 Bulan

**OGAN ILIR - Jejakkriminal.online* 

 Sejak sebelum Hari Raya Idul Fitri 1445H, banyak para Kepala Desa di Kabupaten Ogan Ilir yang merana dikarenakan Anggaran Dana Desa (ADD) tidak kunjung dikeluarkan.


Berapa tidak merana, disaat mendekati Hari Raya Idul Fitri 1445H, para ratusan Kepala Desa merasa gundah gulana karena ADD yang ditunggu-tunggu cair tidak kunjung terlihat hilal nya sampai selesai Hari Raya Idul Fitri 1445H.


Salah satu Kades di Ogan Ilir mengungkapkan keluh kesahnya kepada awak media bahwa kesusahan menghadapi Hari Lebaran disaat tidak ada uang.


"Susah nian kami pak hari lebaran kemaren, tidak banyak duit dipegang nak beli baju lebaran anak saja bingung apalagi nak buat ketupat dan lauk pauknya dikarenakan ADD belum kunjung keluar", ujarnya kepada awak media


Hal senada juga disampaikan oleh Robert Macan selaku Ketua Ormas GRIB Jaya Kab. Ogan Ilir, banyaknya laporan yang masuk dari para Kades di Ogan Ilir terkait ADD tidak kunjung cair.



"Saya Robert Macan selaku Ketua Ormas GRIB Jaya Kab. Ogan Ilir mendapat banyak laporan dari para Kades, Perangkat Desa di Ogan Ilir yang mengeluhkan anggaran ADD belum keluar sampai detik ini pun, dapur tidak ngebul seperti biasanya dan para Kades ada yang ngetam padi dan mencari pekerjaan lain guna mencukupi kebutuhan harian sekeluarga nya", ujar Robert kepada awak media Jum'at (03/05/24).


Ditambahkan Robert, hal ini dapat memicu timbulnya berbagai permasalahan apabila ADD sudah lama tidak kunjung keluar.


"Sekitar 5 bulan lah kalau ADD di Kabupaten Ogan Ilir ini belum keluar juga padahal itu sangat ditunggu-tunggu para perangkat Desa untuk kebutuhan sehari-hari nya. Kami ikut prihatin atas permasalahan ini, takutnya akan menimbulkan berbagai permasalahan di Desa, tidak menutup kemungkinan akan adanya indikasi korupsi di Dana Desa yang sudah keluar duluan ntah itu dari pembangunan jalan maupun dari anggaran lainnya", terang Robert.


Robert Macan Ketua GRIB Jaya Ogan Ilir bersama Ardiansyah Ketua DPD AKJII Sumsel menelusuri pokok permasalahan ADD tidak kunjung keluar dan didapatkan hasilnya diduga dari masalah pajak masyarakat.


"Kita mendapatkan informasi dari salah satu Kades di Ogan Ilir, bahwa permasalahan ADD belum cair ini dugaan nya dari pajak masyarakat yang belum 75% disetorkan di masing-masing Desa dan ada juga Desa yang sudah mencapai nilai 75% pajak warga nya tetapi masih belum cair ADD nya karena menunggu dari Desa-desa lainnya dulu, Kasihan Desa yang sudah menunaikan 75% pajak warga nya masih belum cair ADD nya", ujar Ardiansyah.


Robert Macan menyampaikan keprihatinannya dan akan meminta konfirmasi ke Kepala Dinas PMD bagaimana solusi terkait ADD yang belum cair ini.


"Dalam waktu dekat ini kita dari GRIB Jaya Ogan Ilir akan meminta konfirmasi kepada Kepala Dinas PMD Ogan Ilir terkait ADD yang belum cair ini dan segera akan menghadap Bapak Bupati Panca guna meminta solusi permasalahan yang menimpa Ratusan Kepala Desa dan Perangkat Desa di Kabupaten Ogan Ilir", pungkas Robert. ( RIill / Agung)






TerPopuler