Polres Muara Enim Gelar Jumat Curhat di Desa Muara Lawai


Polres Muara Enim Gelar Jumat Curhat di Desa Muara Lawai

Jumat, 17 Mei 2024, Mei 17, 2024

 


Muara Enim,Jejakkriminal.Online -

Kegiatan Jumat Curhat yang digelar oleh Polres Muara Enim Polda Sumsel di Desa Muara Lawai, Kecamatan Muara Enim, Kabupaten Muara Enim, Jumat, (17/05/2024). Adalah langkah yang positif dalam mendekatkan aparat kepolisian dengan masyarakat. Program seperti ini menjalin komunikasi dua arah yang efektif antara polisi dan warga, sehingga kepolisian dapat lebih memahami keluhan, saran, dan kebutuhan masyarakat secara langsung.

Melalui Jumat Curhat, warga Desa Muara Lawai memiliki kesempatan untuk menyampaikan berbagai permasalahan yang mereka hadapi, baik yang berkaitan dengan keamanan, ketertiban, maupun isu-isu sosial lainnya. Di sisi lain, kepolisian juga dapat memberikan informasi, edukasi, dan solusi atas permasalahan yang disampaikan oleh masyarakat.

Kegiatan semacam ini tidak hanya meningkatkan kepercayaan dan hubungan baik antara polisi dan masyarakat, tetapi juga membantu menciptakan lingkungan yang lebih aman dan kondusif. Semoga program Jumat Curhat ini terus berlanjut dan diadakan secara rutin di berbagai desa dan kecamatan lainnya di wilayah hukum Polres Muara Enim, sehingga dapat memberikan manfaat yang luas bagi seluruh masyarakat.

Kegiatan Jumat Curhat, dihadiri oleh sejumlah pejabat kepolisian. KBO Sat Reskrim IPTU Yulisman SH hadir mewakili Kapolres Muara Enim, AKBP Jhoni Eka Putra, SH, SIK, MSi. Selain itu, kegiatan ini juga didampingi oleh KBO Sat Lantas IPTU Azadin, KBO Sat Narkoba IPDA Subagio, dan Kanit Bhabinkamtibmas IPDA Dedi Halim.


IPTU Yulisman SH menyampaikan bahwa tujuan dari Program Jumat Curhat adalah untuk menjalin silaturahmi dan komunikasi yang erat antara Polri dengan masyarakat. Melalui program ini, Polri berusaha menampung berbagai saran, kritik, isu, dan informasi yang berkembang di masyarakat.

“Kita dengarkan keluhan-keluhan serta masukan dari masyarakat untuk kemajuan institusi Polri dan terjaganya situasi Kamtibmas yang diharapkan masyarakat. Sekaligus untuk meningkatkan pelayanan Polri kepada masyarakat, sehingga bisa benar-benar menjadi pelindung, pengayom, dan pelayan kepada masyarakat,” ujar IPTU Yulisman.

Dalam kegiatan Jumat Curhat di Desa Muara Lawai, salah satu warga menyampaikan kekhawatirannya tentang banyaknya anak-anak yang mengendarai kendaraan dengan kebut-kebutan di jalan desa. Warga tersebut meminta agar tindakan tegas diambil untuk mengatasi masalah ini.

“Merespons dengan menjelaskan pentingnya partisipasi aktif dari masyarakat. Beliau menyarankan agar warga segera melaporkan kejadian tersebut kepada pihak berwajib. "Kami sangat mengharapkan partisipasi dari masyarakat untuk melaporkan setiap peristiwa yang mengganggu ketertiban umum, termasuk kebut-kebutan di jalan oleh anak-anak. Dengan laporan yang cepat dan jelas, kami dapat mengambil tindakan yang tepat untuk mengatasi masalah ini dan menjaga keselamatan serta ketertiban di desa," ujar IPTU Yulisman.

Pentingnya kerjasama antara masyarakat dan aparat kepolisian dalam menjaga keamanan dan ketertiban. Dengan melaporkan kejadian seperti ini, masyarakat turut serta dalam upaya pencegahan dan menciptakan lingkungan yang lebih aman bagi semua. 

(Hayono)

TerPopuler