Acara Penutupan Lebaran Yang Diadakan Tiap Tahunnya Secara Turun Menurun


Acara Penutupan Lebaran Yang Diadakan Tiap Tahunnya Secara Turun Menurun

Kamis, 09 Mei 2024, Mei 09, 2024


Pasaman,JejakKriminal.Online -

Adapun acara yang di adakan pada tgl 8 mei 2024 yang bertempat dikecamatan Dua Koto, Kejorongan Sentosa sp kalam Pasaman itu adalah Pituah Pituah atau pun adat dari nenek nenek moyang kita dulu yang harus di adakan tiap tahun nya. 

Sebulan sesudah lebaran, wajib di adakan tiap tahunnya dan sehari sebelum penutupan lebaran, ataupun yang di sebut Mangabih Buko, itu juga di iringi dengan pengambilan ikan larangan di sungai tersebut, itu pun yang di namakan ikan larangan Ninik Mamak kampung itu tersebut. 

Acara penutupan lebaran tersebut, atau pun yang di namakan Mangabih Buko, itu akan diiringi dengan bunyian bunyian telempong dan gendang, dan diiringi dengan bunyian biola dan baju adat serta tari tarian silat. 



Adapun setelah selesai tarian silat di adakan, yang diadakan didepan rumah Gadang Ninik Mamak setelah itu baru di arak arak bersama sama, disertai membawa keris pedang pusaka pusaka tinggi peninggalan nenek moyang kita dulu nya,untuk menuju kepemakaman mereka untuk jiarah bersama sama dan meminta doa.

(Heriyanto)

TerPopuler