Sukseskan Penyelenggaraan Pilkada 2024, KPU Mukomuko Gelar Rakor Evaluasi dan Apresiasi


Sukseskan Penyelenggaraan Pilkada 2024, KPU Mukomuko Gelar Rakor Evaluasi dan Apresiasi

Kamis, 25 April 2024, April 25, 2024

 



Mukomuko,Jejakkriminal.online - 

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Mukomuko melaksanakan Rapat Koordinasi Dalam Rangka Evaluasi dan Apreasiasi Pelaksanaan Pemilu Tahun 2024 Tingkat Kabupaten Mukomuko, kegiatan yang digelar di Hotel Madiyara dihadiri Ketua dan Anggota KPU Mukomuko, Ketua Bawaslu Mukomuko, Staf Ahli Bupati, Kodim 0428/MM, Polres Mukomuko, Kejari Mukomuko, Dinas Dukcapil, Kesbangpol, Kemenag, Pengadilan Agama dan Pengadilan Negeri serta insan pers adalah untuk membahas pelaksanaan Pemilu Serentak 2024 sebagai bahan evaluasi dan suksesnya pada pelaksanaan Pemilu Kepala Daerah tahun 2024 tingkat Kabupaten Mukomuko. Kamis(25/4/24).


Ketua KPU Deny Setia Budi dalam sambutannya pada kegiatan itu menyebutkan kegiatan ini juga sebagai silaturahmi/halal bihalal yang dirangkai dengan rapat kordinasi untuk evaluasi dan apresiasi pelaksanaan Pemilu 2024.


“Diketahui pelaksanaan Pemilu Serentak kemaren di kabupaten Mukomuko lumayan bagus, tingkat partisipasi masyarakat sangat bagus sekali, Pemilu berjalan dengan sukses dan lancar, ini semua berkat dukungan dan kerja keras kita bersama, sehingga Pemilu Serentak berjalan dengan baik,” ucapnya.


Dilanjutkan Ketua KPU bahwa pihaknya telah melakukan langkah langkah untuk mendukung suksesnya penyelenggaraan dan pelaksanaan Pemilu Kepala Daerah tahun 2024 di Kabupaten Mukomuko.


“Kita sudah melaunching rekrutmen PPK di Kabupaten Mukomuko sosialisasi kegiatan rekrutmen Ad Hoc penerimaan PPK, setelah itu kita akan mempersiapkan pembentukan PPS, walau dengan waktu yang cukup mepet, pastinya tahapan tersebut akan tetap kita laksanakan, kita tetap meminta masukan dari pemkab Mukomuko dan jajaran Forkompimda serta instansi terkait agar evaluasi ini nanti dapat menjadi bahan bagi kami agar pelaksanaan pemilukada nanti semakin lebih baik lagi di Kabupaten Mukomuko,” ulasnya.


Acara kemudian dilanjutkan dengan pemaparan Ketua KPU yang dilanjutkan dengan diskusi tentang semua hal hal yang berkaitan dengan penyelenggaraan Pemilu Serentak 2024 sebagai bahan evaluasi untuk penyelenggaraan Pemilukada tahun 2024.


Pada kesempatan itu, Bupati Mukomuko melalui Staf Ahli Bupati Junaidi menyampaikan apresiasi kepada KPU Mukomuko atas gelaran pelaksanaan Pemilu Serentak tahun 2024 yang berjalan dengan baik dan lancar.


“Tentunya kami ucapkan terimakasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya ata kerja keras semua pihak, baik KPU dan Bawaslu serta TNI Polri dan semua elemen yang ada, sehingga Pemilu Serentak 2024 berjalan dengan aman, sukses dan lancar,” ungkapnya.


Hal senada tersebut, juga tercuat pada penyampaian evaluasi yang disampaikan dari pihak Polres Mukomuko, Kejari Mukomuko, Kodim 0428/MM , Insan Pers, dan instansi lainnya yang hadir. Peserta yang hadir juga menyampaikan apresiasi dan menyampaikan evaluasi terhadap pelaksanaan dan penyelenggaraan Pemilu Serentak 2024.


Berbagai hal hal yang menjadi evaluasi pada pelaksanaan Pemilu Serentak 2024, diantaranya terkait masalah pendistribusian logistik, surat kertas suara yang kurang pada Pilpres dan Pileg, terjadinya PSU (Pemilihan Suara Ulang), harapan kepada KPU agar selalu berpedoman kepada aturan hukum yang ada seperti PKPU dan aturan hukum lainnya (Juknis), penyampaian perkembangan dari KPU atas Update informasi yang dapat diakses oleh media per setiap harinya informasi tersebut dapat tersampaikan dengan baik ke masyarakat, jadwal masa tenang/penertiban APK (Alat Peraga Kampanye), antisipasi golput terkait Pemilih/abdi negara yang berdomisili di daerah lain atau berada diluar daerah dalam keadaan tugas, penguatan sosialisasi yang masif kepada masyarakat atas hak pilihnya, antisipasi sinyal telekomunikasi dalam mendukung suksesnya pemilukada di wilayah 


“Blank Spot”, penanganan pemilih disabilitas (pemilih tunanetra dan pemilih yang tidak bisa berjalan/lumpuh) pada Pemilukada nanti dapat disediakan kertas suara khusus untuk Tuna Netra dan Kursi Roda untuk pemilih yang tidak bisa berjalan, pembenahan DPT dan penguatan KPPS agar pelaksanaan Pemilukada nantinya bisa berjalan dengan baik dan lainnya.


Diakhir kegiatan itu, Ketua KPU Mukomuko berjanji akan menindaklanjuti masukan yang disampaikan kepada pihaknya untuk menjadi bahan evaluasi bagi KPU Mukomuko agar pelaksanaan Pemilukada 2024 dapat berjalan dengan lebih baik dan lancar.


“Terimakasih atas semua masukan yang disampaikan, ini saran dan masukan yang baik sekali sebagai bahan evaluasi bagi kami agar kedepannya kami bisa menjalankan tugas dengan lebih baik lagi dan sebagai bahan acuan kami dalam melaksanakan tugas penyelenggaraan Pemilu dan berharap kita semua yang hadir disini untuk bersama sama mensukseskan Pemilukada 2024 nantinya, sehingga harapan kita bersama untuk suksesnya pemilukada nanti dapat berjalan dengan berjalan dengan lancar dan sukses, sesuai dengan yang kita harapkan bersama,” tutur Ketua KPU Deny Setia Budi.

(Riki)

TerPopuler