Pembukaan MTQ Ke-57 Tingkat Kabupaten Deli Serdang Tahun 2024


Pembukaan MTQ Ke-57 Tingkat Kabupaten Deli Serdang Tahun 2024

Jumat, 19 April 2024, April 19, 2024


Deli Serdang (Jejakkriminal.Online) - Bupati Deli Serdang, H.M Ali Yusuf Siregar bersama Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK), Ny Hj Sri Pepeni Ali Yusuf Siregar dan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Deli Serdang, melepas peserta Pawai Taaruf Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-57 Kabupaten Deli Serdang di Lapangan Sepak Bola Desa Medan Krio Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang Provinsi Sumatera Utara, Kamis (18/4/2024) 


Pawai taaruf diikuti ribuan peserta yang terbagi dalam 22 kafilah kecamatan se-Deli Serdang dan beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) Pemerintah Kabupaten Deli Serdang.


Diawali dengan atraksi drumband dari Yayasan Brigjen Katamso Sunggal, setelah itu diikuti para peserta pawai yang mengenakan beragam pakaian adat dan busana Muslim. Keberagaman ini menjadi syiar agama yang sejalan dengan visi misi Kabupaten Deli Serdang yang maju dan sejahtera dengan masyarakatnya yang religius dan rukun dalam kebhinekaan


Titik start dimulai di Jl. Sei Mencirim Payageli Gudang Depan BRI Payageli, melewati panggung kehormatan dan finish di area utama MTQ ke 57 di lapangan bola Desa Medan Krio.


Dengan terselenggaranya MTQ ke-57 Tingkat Kabupaten Deli Serdang, Bupati Deli Serdang H. M Ali Yusuf Siregar berharap bisa mewujudkan syiar Islam melalui lantunan ayat suci Al Qur'an, sehingga Deli Serdang menjadi salah satu Kabupaten Tahfiz Qur'an


"Kita Jadikan Generasi Qur'ani yang Cerdas dan Berakhlakul Karimah dalam Mewujudkan Deli Serdang Maju, Sejahtera, Religius dan Rukun dalam Kebhinekaan" tutur Bupati


Turut hadir Ketua DPRD Deli Serdang Zakky Shahri, Istri Ketua DPRD Deli Serdang Ny. Indah Yana Zakky Shahri, Sekretaris Daerah H. Timur Tumanggor SSos MAP, Ketua Dharmawanita Deli Serdang Ny. Boya Timur Tumanggor, Sekretaris DPRD Drs. Binsar TH Sitanggang, M.SP, Anggota DPRD Deli Serdang H. Mhd. Darwis Batubara, M.Pd (Fraksi PKS), Dr. Misnan Al-Jawi, SH, MH (Fraksi PPI), OK. Arwindo, SH, MBA (Fraksi Golkar) Zul Amri, ST (Fraksi Golkar), Mikail TP Purba (Fraksi Golkar), unsur Forkopimda, Para Pimpinan OPD, Para Camat, Kapolsek Lubuk Pakam, Kepala Desa dan Lurah, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Ormas Islam serta sejumlah masyarakat.


Pada kesempatan tersebut, Ketua DPRD menyampaikan rasa bangga dan terimakasihnya atas kepemimpinan H. Ashari Tambunan yang dilanjutkan H. M. Ali Yusuf Siregar, membangun ikon di Ibu Kota Kabupaten, Masjid Dan Tempat Manasik yang indah dan megah tepatnya di samping gedung DPRD Deli Serdang, Kecamatan Lubuk Pakam.


“Hanya saja, hingga saat ini tempat Manasik Haji tersebut belum juga diresmikan, dengan anggaran 3,7 Miliar yang telah disetujui DPRD Deli Serdang,” ujar Zakky.


Ketua DPRD menerangkan bahwa DPRD menaruh perhatian lebih terhadap pembangunan tempat manasik haji tersebut, karena tempat tersebut dapat mendukung pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berakhlakul karimah seperti pelaksanaan MTQ hari ini.


Menutup sambutannya, Ketua DPRD secara spontan akan memberikan hadiah tambahan kepada seluruh Juara Pertama dari setiap kategori dengan total hadiah 15.000.000 (lima belas juta rupiah) ditambah 1 ekor lembu untuk diQurbankan kepada Pemenang Juara Umum Kecamatan pada MTQ ke-57 Tahun 2024.


Kegiatan MTQ ke-57 ini berlangsung dari 18 s/d 22 April Tahun 2024 dan untuk seluruh kafilah peserta MTQ dari seluruh kecamatan di Kabupaten Deli Serdang. (LM) 

TerPopuler