Babinsa Koramil 1307-02/Pamona Puselemba dan Bhabinkamtibmas Berperan Aktif dalam Pengamanan Upacara Ngaben


Babinsa Koramil 1307-02/Pamona Puselemba dan Bhabinkamtibmas Berperan Aktif dalam Pengamanan Upacara Ngaben

Senin, 01 April 2024, April 01, 2024


POSO Jejakkriminal.online - Untuk memberi rasa aman dan nyaman pada pelaksanaan upacara ngaben, Babinsa Koramil 02/Pamona Puselemba jajaran Kodim 1307/Poso, Serka Paulus Tonaba bersama Babinkamtibmas melaksanakan pengamanan dan membantu mengatur lalu lintas pada gelaran upacara Ngaben (Kremasi Jenasah) bapak Ida Bagus Kadek Widyana (65) bertempat di perkuburan Umat Hindu Dusun Kembang Sari Desa Leboni, Kec. Pamona Puselemba, Kab. Poso, Senin (01/04/2024).


Pengamanan ini adalah bagian dari tanggung jawab seorang Babinsa yang melekat dan berbaur dengan warga binaannya, serta selalu hadir dalam setiap kegiatan, baik yang bersifat adat maupun kedinasan. Hal ini bertujuan untuk menciptakan situasi kondusif dan memastikan keamanan dan ketertiban dalam berbagai acara masyarakat.


Kegiatan pengamanan upacara Ngaben dilaksanakan dengan melibatkan komponen adat dan kerjasama dengan keluarga dan keluarga besar almarhum hingga seluruh prosesi, mulai dari rumah duka hingga ke area Setra (kuburan) Desa Leboni, berjalan aman, tertib, dan lancar.


Ditempat terpisah, Dandim 1307/Poso, Letkol Inf. Hasroel Tamin, S.H., M.Hub.Int., menggarisbawahi pentingnya sinergi antara Babinsa, Bhabinkamtibmas, dan elemen masyarakat lainnya dalam mendukung keamanan dan keselamatan warga yang sedang melaksanakan upacara Ngaben. Kehadiran TNI dalam mendukung kegiatan keagamaan masyarakat adalah manifestasi nyata dari kemanunggalan TNI dengan rakyat yang selalu dijaga dan ditingkatkan.


Dengan kerja sama yang kuat antara berbagai pihak, upacara Ngaben dapat berlangsung dengan sukses dan aman, dan kehadiran Babinsa dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat merupakan contoh bagus dari peran TNI dalam mendukung kehidupan masyarakat dan tradisi budaya mereka.


Ihwan

TerPopuler