Masyrakat Simpang Tiga Dan BK Kecamatan Luhak Nanduo Kab Pasbar, Perbaiki Gorong-gorong Aliran Irigasi Menggunakan Dana Pribadi.


Masyrakat Simpang Tiga Dan BK Kecamatan Luhak Nanduo Kab Pasbar, Perbaiki Gorong-gorong Aliran Irigasi Menggunakan Dana Pribadi.

Jumat, 02 Februari 2024, Februari 02, 2024
Jejakkriminal. Online---Aliran irigasi dan gorong-gorong iyalah Fasilitas yang di buat oleh negara,  guna untuk menunjang kebutuhan masyarakat pertanian serta perkebunan juga berguna untuk mengalirkan ruapan air hujan. Jumaat 02/02/2024



Untuk pengawasan serta perawatan Pemerintah sangat di butuhkan sebab eko sistem air sangat di butuhkan di kalangan masyarakat petani dan perkebunan. 

Menurut Peraturan menteri Pekerjaan umum dan perumahan Rakyat RI,  No 12/PRT/M/2015 tentang eksploitasi dan pemiliharaan jaringan irigasi  .

Dalam Pasal II di jelaskan bahwa, Peraturan Menteri ini dimaksudkan sebagai acuan bagi Pemerintah Pusat, 
pemerintah daerah provinsi, dan pemerintah daerah kabupaten/kota dalam 
melaksanakan eksploitasi dan pemeliharaan jaringan irigasi.

Peraturan Menteri ini bertujuan agar pengelola irigasi mampu melaksanakan 
kegiatan eksploitasi dan pemeliharaan jaringan irigasi secara efektif dan 
efisien.

Namun Prihal itu belum terlaksana secara efisien menurut masyarakat acuan yang di maksud belum terlaksana secara fakta,  hingga hari ini,  sebab masyarakat masih melakukan upaya sementara agar aliran irigasi nya mengalir menggunakan biaya pribadi serta bergotong royong. 
Sebagai petugas penjaga pintu air wilayah Kapar BK IIII,  ibnu hasanusi saat di temui lokasi mengatakan bahwa dirinya sudah membuat laporan lisan juga menyertai foto sebagai bukti bahwa telah terjadi sebuah peristiwa di wilayah yang dia awasi yaitu pecah serta jebol nya satu gorong-gorong di aliran dari aliran air Plasma I printis. 

"Benar telah terjadi jebol nya satu gorong2 dari aliran perintis plasma I hingga terjadi nya pengikisan tanah dan aliran air terganggu hingga ke ilir serta terjadi kekeringan di aliran irigasi ini " pungkas Ibnu hasanusi saat di temui di lokasi irigasi. 

Dan ibnu hasanusi juga membenarkan bahwa diri nya telah melaporkan kejadian ini ke Kantor Pengamat Padang Tujuh di Kabupaten Pasaman Barat, juga melaporkan ke kantor wilayah di bukit tinggi yang beralaman di simpang lambau. 
Masyarakat sangat berharap Pemerintah Pusat, Provinsi serta daerah dapat melakukan perbaikan segera dan untuk sementara Masyarakat melakukan upaya sementara dalam perbaikan irigasi tersebut. 

TerPopuler