Petani Sayur di KBB Tewas Tertimbun Longsor


Petani Sayur di KBB Tewas Tertimbun Longsor

Selasa, 09 Januari 2024, Januari 09, 2024
Foto: Ilustrasi longsor (Deni Jaelani-Jejak Kriminal)

Laporan Wartawan Jejak Kriminal Deni Jaelani

JEJAK KRIMINAL PURWAKARTA - Nahas menimpa Hendra. Petani sayur itu tewas tertimbun  longsor dari tebing di Kampung Tugumukti, RT 1/RW 3, Desa Tugumukti, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Hendra merupakan warga Kampung Cipeusing, RT 1/RW 3, Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, KBB.
Peristiwa nahas itu terjadi pada Selasa (9/01/2024) sekitar pukul 14.00 WIB.

Selain Hendra, ada seorang lagi rekannya yang juga tertimbun longsor. Namun beruntung, korban atas nama Bojes selamat dari maut dan saat ini masih menjalani perawatan di rumah sakit terdekat.

Kepala Seksi Kedaruratan pada BPBD KBB, Amas Winata mengatakan longsor itu terjadi saat hujan deras mengguyur sejak Selasa pukul 13.00 WIB.
Selang satu jam kemudian, tebing setinggi 40 meter dan lebar 50 meter tiba-tiba longsor.

"Jadi saat itu kedua korban sedang menaikan sayuran ke atas mobil di kebun, mereka akhirnya tertimbun longsor. Selain 2 korban, ada mobil sayuran dan motor yang tertimbun juga," kata Amas saat dikonfirmasi.

Material longsor itu menyeret dan menimbun kedua korban. Bojes berhasil diselamatkan, sementara korban Hendra tertimbun sepenuhnya dan ditemukan 300 meter dari titik longsor.

"Korban Hendra setelah dievakuasi langsung dibawa ke rumah duka. Sementara korban 1 lagi dibawa ke rumah sakit, hanya luka-luka," kata Amas.

Longsor  itu terjadi karena permukaan tanah dari tebing itu menjadi labil akibat terus menerus diguyur hujan. Hujan terus mengguyur wilayah Bandung Barat dan sekitarnya sepekan belakangan.

"Jadi memang karena terus-terusan diguyur hujan, permukaan tanahnya labil. Sehingga rawan terjadi longsor apalagi kemiringan agak curam juga," kata Amas.

TerPopuler