Kepala Sekolah SD Negeri 39 Lubuklinggau Di Duga Abaikan Perawatan Gedung Sekolah


Kepala Sekolah SD Negeri 39 Lubuklinggau Di Duga Abaikan Perawatan Gedung Sekolah

Sabtu, 13 Januari 2024, Januari 13, 2024
Lubuklinggau-Jejakkriminal.online-Rupanya masih ada Sekolah Dasar (SD) Negeri yang kurang perawatan.Dana Bos SD N 39 Kota Lubuklinggau patut dipertanyakan,karena anggaran sarana dan prasarananya di duga fiktif,dugaan itu diperkuat dari keadaan sekolahnya banyak kerusakan ringan tidak diperbaiki.(13/1/2024).

Sumber menambahkan Permendikbud Nomor 6 Tahun 2021 Tentang Petunjuk Teknis atau Juknis BOS Reguler SD,SMP, SMA, SMK Tahun 2021,bahwa sekolah menggunakan Dana Bos reguler untuk membiayai operasional penyelenggaraan pendidikan di sekolah meliputi komponen:
- Penerimaan peserta didik baru.
- Pengembangan perpustakaan.
- Pelaksanaan kegiatan pembelajaran dan extrakulikuler.
- Pelaksanaan kegiatan asesmen dan evaluasi pelajaran.
- Pelaksanaan adminitrasi kegiatan sekolah.
- Pengembangan profesi guru dan tenaga pendidikan.
- Pembiayaan langganan daya dan jasa.
- Pemeliharaan sarana dan prasarana sekolah.
- Penyediaan alat multimedia pembelajaran.
- Penyelenggaraan kegiatan peningkatan koperensi keahlian,penyelenggaraan kegiatan dalam mendukung keterserapan lulusan atau pembayaran tenaga honorer.

Hal ini di ketahui oleh awak media saat mendatangi sekolah tersebut yang nampak jelas bangunan sekolah SD N 39 kota Lubuklinggau,memang keadaan dari jauh gedung sekolah tersebut kalau dilihat sepintas tampak bagus,baik bangunan semua kelas dan kantornya tetapi setelah diperhatikan banyak kerusakan ringan yang harus segera diperbaiki,dan untuk memperbaikinya bisa mengambil dari dana BOS yang memang sudah dianggarkan untuk perehapan ringan.
Tapi sekolah tersebut seakan akan membiarkan  plafon pada jebol,kaca jendela sekolahnya pecah ditutupin papan,ada yg dibiari terbuka,kondisi toilet sekolah yang berada tepat dibelakang gedung sekolah,yang diperuntukan bagi guru guru dan para murid murid dalam keadaan jorok dan menimbulkan bau dan pintunya pada rusak,perpustakaan tidak ada pengecetan malah ajaibnya tumbuhan bisa tumbuh diatas perpustakaan seolah olah tidak terawat.

Keadaan tersebut menimbulkan pertanyaan oleh wali murid,ada dugaan indikasi sebagian Dana BOS tersebut tidak di salurkan sesuai peruntukannya.

Malah menurut keterangan tetangga sebelah kepala sekolah SD N 39 mau ngajak bersama sama buat siring/selokan,tapi sayang kepala sekolah tersebut tidak menyadari keadaan sekolahnya masih banyak butuh perawatan ringan.

Sampai berita ini di tayangkan,kepala sekolah SD Negeri 39 Kota Lubuklinggau belum dapat dikonfirmasi terkait pengelolaan Dana BOS tersebut.(Rangga/*).


TerPopuler