Duka di Tol Japek : 6 Orang Tewas di Malam Tahun Baru 2024


Duka di Tol Japek : 6 Orang Tewas di Malam Tahun Baru 2024

Senin, 01 Januari 2024, Januari 01, 2024

Laporan Wartawan Jejak Kriminal Deni Jaelani

JEJAK KRIMINAL, PURWAKARTA - Malam pergantian tahun baru 2024 menjadi mencekam di Tol Jakarta-Cikampek (Japek).
Bus PO Bhinneka yang ditumpangi 38 orang itu terguling hingga menewaskan 6 penumpang pada Minggu (31/12/2023) malam.

"Pada hari minggu 31 Desember 2023, telah terjadi kecelakaan lalu lintas di jalur tol Jakarta-Cikampek, di jalur tol 41+400, kecelakaan tunggal bus, kurang lebih malam tadi pukul 19.00 WIB," ujar Kasat Lantas Polres Karawang AKP Lucky Martono di RS Rosela, Karawang Barat pada Minggu malam.

"Bus berjalan dari arah Jakarta menuju arah Cikampek pada saat di TKP bus berjalan di lajur 2, kemudian oleng kesebelah kiri, sehingga menabrak guardrail yang berada di pinggir jalan sebelah kiri hingga terlepas," kata dia.

Setelah menghantam pembatas jalan, bus kemudian terbalik sambil memutar, sampai kepala bus menghadap ke arah jalan sebaliknya.

"Untuk bus sendiri berangkat dari Jakarta ke arah Cirebon, jadi berangkat dari Jakarta tujuan Cirebon," imbuhnya.

Untuk penyebab kecelakaan sendiri, kata Lucky, pihaknya belum dapat memberikan keterangan sebab masih dalam proses penyelidikan.

"Untuk penyebab belum dapat kita sampaikan karena masih dalam penyelidikan, yang jelas laka tunggal posisi sebelah kiri menghantam pembatas, dan bus terbalik dengan kondisi memutar sampai 180 derajad," paparnya.

Saat ini, kata dia, pihaknya bersama dengan Jasa Raharja, sudah merujuk para korban ke dua rumah sakit terdekat dengan gerbang tol Karawang Barat.

"Para korban dirujuk ke Rumah Sakit terdekat, yaitu rumah sakit Rosela, dan Rumah Sakit Mandaya, beberapa sudah dijemput pihak keluarga, dan saat ini masih dalam penanganan pihak rumah sakit dan Jasa Raharja," katanya.
Salah satu korban kecelakaan bus maut tol Japek saat dijemput pihak keluarga di RS Rosela Karawang.

Akibat kecelakaan ini, enam penumpang bus meninggal dunia. Dua orang diantaranya meninggal di lokasi kejadian, dan empat lainnya meninggal saat diupayakan mendapatkan penanganan medis.

"Akibat kejadian tersebut, terdapat korban meninggal 6 orang, yaitu 2 meninggal di tempat, 2 orang meninggal dalam perjalanan menuju rumah sakit, sedangkan 2 korban lagi meninggal dalam penanganan pihak medis," kata Lucky.

Selain korban tewas kata Lucky, belasan penumpang lain terindikasi mengalami luka ringan dan beberapa diantaranya mengalami luka berat.

Sopir Bus Alami Luka Berat

Polisi belum bisa menggali keterangan lebih lanjut kepada sopir bus tersebut, Pasalnya sopir mengalami luka berat dan masih menjalani perawatan di rumah sakit.

"Sopir korban luka, dan belum sadar, jadi belum bisa kita mintai keterangan, oleh sebab itu kami belum dapat menyimpulkan penyebab pasti kecelakaan," ucap Lucky.

Sementara itu, untuk 15 penumpang telah diperbolehkan pulang ke Cirebon dan Indramayu dengan dijemput pihak keluarga.

"Karena tujuan akhir bus ini ke Cirebon, dan transit di Indramayu," pungkasnya.***

TerPopuler